Dark/Light Mode

Jokowi Ingin Penerusnya Berani & Kuat, Pengamat: Menjurus Ke Prabowo

Minggu, 14 Mei 2023 16:08 WIB
Presiden Jokowi saat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak Musra (Musyawarah Rakyat) Indonesia yang dihelat Relawan Presiden Jokowi, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu siang (14/5) sudah rampung. Namun, belum diumumkan siapa tokoh capres yang paling banyak mendapat dukungan.

Pengamat politik dan akademisi Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyatakan, tidak otomatis Musra Relawan Jokowi mendukung Ganjar Prabowo yang akan diusung PDIP. Ujang menyatakan, bisa saja relawan condong kepada Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga : PMN Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Melon Di Perkotaan

“Dari pidato Jokowi, momentum Musra arahnya faktanya membuktikan Prabowo menjadi pilihan Jokowi,” kata Ujang, Minggu (14/5).

Jokowi dalam pidatonya sempat menyoroti ketidakpastian dunia yang menurutnya masih akan terjadi dalam lima sampai 10 tahun yang akan datang “Sehingga nahkodanya harus berani. Berani ambil risiko untuk kepentingan bangsa ini,” kata dia.

Baca juga : Jokowi Janji Perkuat Perlindungan WNI Di Luar Negeri

Jokowi pun sempat menyinggung soal gugatan larangan ekspor bijih nikel yang dilakukan di World Trade Organization (WTO) oleh Uni Eropa kepada Indonesia. “Kalau pemimpinnya tidak berani pasti mundur minta ampun. Kalau digugat tidak berani, melempem, ya nggak akan sampai kita menjadi negara maju,” lanjut dia.

Ujang menangkap, dalam pidato yang disampaikan Jokowi itu, ciri-ciri pemimpin ke depan mengarah ke Prabowo. Sebab, Jokowi menekankan beberapa kali dalam pidato itu bahwa Indonesia butuh pemimpin yang kuat dan berani, yang merupakan karakteristik Prabowo.

Baca juga : Heikal Safar Ungkap Pesan Anies Baswedan Buat Relawan: Jangan Menjelekkan Lawan

Saat ini, sambung Ujang, sejumlah relawan Jokowi juga telah menyatakan dukungan kepada Prabowo. “Jokowi Mania saja jelas-jelas sudah pasang badan kecenderungannya memilih Pak Prabowo, karena dari loyalitas dan kualitas kepemimpinan dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya,” ucap Ujang.

Di saat yang bersamaan, Ujang mengamati, Jokowi lebih sering mengajak Prabowo dalam berbagai aktivitas kenegaraannya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.