Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ekor Jas Kurang Ngefek

KPP Bakal Gencar Safari Bersama Anies

Rabu, 24 Mei 2023 07:50 WIB
Ketua Bappilu Partai Nasional De­mokrat (NasDem) Effendi Choi­rie. (Foto: Dok. Partai NasDem)
Ketua Bappilu Partai Nasional De­mokrat (NasDem) Effendi Choi­rie. (Foto: Dok. Partai NasDem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pencapresan Anies Baswedan dinilai kurang memberi dampak efek ekor jas kepada partai pengusungnya yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Hal ini diketahui dari survei teranyar Litbang Kompas.

Menanggapi hal ini, Ketua Bappilu Partai Nasional De­mokrat (NasDem) Effendi Choi­rie mengaku tak risau. “Tidak akan menggoyahkan pencapresan Anies,” kata pria yang akrab disa­pa Gus Choi ini dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, hasil survei amat dinamis dan fluktuatif. Sehingga dia meyakini, seiring berjalan­nya waktu, apalagi dengan se­makin intensnya sosialisasi dan kampanye bersama Anies, suara NasDem Cs akan meningkat.

“Anies ini sangat positif untuk partai pengusung. Jadi ‘berkah’-nya ya nanti, bukan sekarang. Nanti saat Pemilu,” tegasnya.

Baca juga : Atasi Stunting Anak, Kemenkes Gencar Sosiallisasi Pangan Lokal Bergizi

Meski Anies berkontribusi dalam menambah suara partai, na­mun, Gus Choi tetap mengingatkan para Caleg NasDem bekerja keras.

“Bersamaan mendapat berkah pencapresan Anies, para caleg juga harus kerja keras supaya NasDem bisa dapat kursi setiap dapil. Dapil DPR RI ada 84. Insya Allah NasDem dapat kursi lebih dari itu, sekitar 100 kursi. Tentu dengan strategi berlapis, sambil berdoa dan atas izin, qud­rat dan irodat Allah,” harapnya.

Seperti diketahui, survei Lit­bang Kompas yang dilakukan 29 April-10 Mei 2023 menunjuk­kan penurunan elektabilitas Par­tai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Angka elektabilitas NasDem 6,3 persen. Turun dari survei Januari yang tercatat 7,3 persen. Elektabilitas Demokrat meraih 8 persen pada survei Mei. Turun dibandingkan survei sebelumnya 8,7 persen. Adapun PKS turun 1 persen, yakni dari 4,8 persen di Januari menjadi 3,8 persen pada Mei.

Terpisah, Ketua DPP PKS, Ahmad Mabruri mengungkap­kan, kampanye partai koalisi bersama Anies belum terlalu intens dilakukan. Dia pun yakin, setelah Anies rajin berkeliling bersama, elektabilitas partai akan ikut terkerek. “Dengan PKS akan safari awal Juni. Insya Allah akan meningkat,” yakinnya.

Baca juga : Erdogan Pede Banget Bakal Berkuasa Lagi

Sedangkan, pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin me­lihat, stagnannya suara partai pengusung Anies Baswedan disebabkan banyak hal. Per­tama, Anies belum terlampau intens safari bersama NasDem, Demokrat, dan PKS.

“Sehingga berkah Anies be­lum terlalu terasa sampai saat ini,” kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun begitu, hasil Survei ini harus jadi catatan dan evaluasi. Sebab, bagaimana pun, gambar Anies sudah terpampang dalam berbagai alat peraga ketiga par­tai. Catatan ini khususnya bagi PKS dan Demokrat.

“Artinya upaya untuk mengatakan Anies adalah capres mereka, kurang maksimal,” saran Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Baca juga : Kiyai Muda Jatim Gelar Pelatihan Produksi Nata De Coco

Alasan berikutnya, sebenarnya segmentasi pemilih Anies hanya di ceruk tertentu. Pemilih Anies stagnan di kelompok Is­lam kanan dan akademisi.

Anies, lanjutnya, kurang dapat meraih suara di kelompok nasionalis serta kelompok Islam moderat yang jumlahnya massif.

“Sementara, basis suara Anies itu, sudah terbukti dalam pe­milu sebelumnya, jumlahnya tak signifikan. Anies mesti dapat pendamping yang bisa menam­bal kekurangan di suara kaum nasionalis dan Islam tengah,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.