Dark/Light Mode

Erick Thohir Duduki Posisi Pertama Cawapres Survei LSI, Ini Alasannya

Selasa, 11 Juli 2023 15:40 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menduduki posisi pertama sebagai calon wakil presiden (cawapres) pilihan masyarakat pada hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Sekjen Partai Amanat Nasional atau PAN Eddy Soeparno menyambut baik hasil survei tersebut.

Eddy memastikan, PAN konsisten mengusung Erick Thohir sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Tanggapan saya, silakan capres-capres mengambil cawapres yang diajukan oleh PAN, yaitu mas Erick Thohir," jelas Eddy, saat menghadiri acara peluncuran hasil survei, Selasa (11/7).

Baca juga : LSI: Erick Thohir, Cawapres Paling Difavoritkan

Eddy berharap, dalam beberapa waktu ke depan, dialog politik, baik dengan PDIP yang sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto, dapat membuahkan hasil.

“Dalam waktu dekat pembicaraan dialog politik kita pembicaraan para petinggi PDIP dengan PAN petinggi Gerindra bisa membuahkan hasil dan ini secara konsisten kami sampaikan ketika kami melakukan pertemuan yang baik dengan ibu Megawati dan rekan-rekan PDIP begitu juga pak Prabowo dan rekan-rekan Gerindra mudah-mudahan dalam dekat bisa ada kabar baik,” tandas Eddy.

Untuk diketahui, Erick Thohir menduduki posisi pertama cawapres pilihan masyarakat dalam survei terbaru LSI.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan dalam rilis survei terkait Peta Kompetisi Pilpres dan Sikap Publik terhadap Isu-isu Nasional, yang digelar secara virtual, Selasa (11/7).

Baca juga : Gerindra Pertimbangkan Cawapres Prabowo Ekonom, Beringin Sodorin Airlangga

Survei ini digelar selama periode 1-8 juli 2023 menggunakan sistem telepon acak dengan 1.242 responden proporsional dari etnis, pendidikan, gender, pilihan partai.

"Pilihan cawapres individu, ada yang menarik, pada Juli ini. Jika biasanya Erick Thohir tak pernah menjadi nomor satu pilihan masyarakat, Juli ini, Erick Thohir nomor satu dengan 14,3 persen mengungguli (Gubernur Jawa Barat) Ridwan Kamil yang 13,5 persen. Ini untuk pertama kalinya, cawapres pilihan masyarakat, untuk 24 nama semi terbuka," jelas dia dalam rilis survei tersebut.

Ia juga menjelaskan, nama Erick Thohir kembali menduduki posisi utama dalam simulasi 12 nama cawapres di Pilpres 2024.

Erick Thohir, kata dia, menduduki posisi pertama sebagai cawapres dengan 18,5 persen, unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga : Per 1 Juli, Harga BBM Pertamina Dan Shell Naik, Ini Daftarnya

"Untuk simulasi 12 nama, Erick Thohir juga menduduki posisi pertama, 18,5 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,6 persen, Sandiaga Uno, AHY, dan seterusnya. Yenny Wahid masih cukup jauh, termasuk juga nama baru Nasaruddin Umar,” tegas dia.

Dalam survei tersebut nama Erick Thohir juga masih menduduki posisi pertama sebagai cawapres dalam simulasi 7 nama.

Ketua Umum PSSI itu, mendapatkan perolehan sebesar 21,2 persen unggul jauh dari nama-nama cawapres lainya.

“Untuk 7 nama, masih Erick Thohir 21,2 persen, diikuti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, Khofifah dan Airlangga,” tutur Djayadi Hanan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.