Dark/Light Mode

Survei Indikator: Erick Thohir Cawapres Favorit Orang Jawa

Minggu, 23 Juli 2023 17:46 WIB
Erick Thohir (Foto: Ist)
Erick Thohir (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru, Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang paling dijagokan.

Erick meraih ceruk besar dari etnis Jawa dan pemilih beragama muslim.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan, pihaknya mengajukan daftar pertanyaan lima cawapres menurut demografi dan berdasarkan etnis.

Hasilnya, 25 persen responden etnis Jawa memilih Erick Thohir.

Baca juga : Survei Indikator: Erick Thohir, Cawapres Paling Top Di Mata Milenial Dan Gen Z

"Meski Erick Thohir bukan orang Jawa, justru unggul dengan 25 persen," ujar Burhanuddin dalam paparannya, Minggu (23/7).

Ketua Umum PSSI itu mengalahkan Sandiaga Uno yang meraih 18,7 persen, Ridwan Kamil 17,3 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,3 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 9,9 persen.

Etnis yang juga banyak mendukung Erick Thohir berdasarkan hasil survei tersebut adalah Minang dengan 42,9 persen.

Erick mengalahkan Sandiaga Uno 32,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 14,6 persen, dan Ridwan Kamil 5,9 persen.

Baca juga : Survei Indikator: Erick Thohir Paling Pantas Jadi Cawapres 2024

Berdasarkan pemilih beragama Islam dalam survei itu juga Erick Thohir mampu unggul, walau tipis. Dia meraih 21,8 persen, selisih tak jauh dengan dengan Ridwan Kamil yang meraih 21,2 persen.

Disusul Sandiaga Uno 18,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 13,3. Khofifah Indar Parawansa, menempati posisi paling buncit dengan 10,9 persen.

Di mata para Nahdliyin, sebutan anggota Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir yang jadi juga ketua se-abad NU meraih 24,5 persen.

Dia unggul dari Ridwan Kamil 21 persen, Sandiaga Uno 16,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,4 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 10,5 persen.

Baca juga : Erick Thohir Kembali Jadi Top Of Mind Cawapres, Ini Hasil Riset Digitalnya

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 dengan jumlah 1.220 responden sebanyak 1.220 orang yang diwawancarai melalui tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.