Dark/Light Mode

Survei Indikator: Pemilih Jokowi di 2019 Dukung Prabowo di 2024

Senin, 24 Juli 2023 15:37 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres 2024 melejit dalam beberapa hasil survei terakhir. Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro ada 'peran' Joko Widodo (Jokowi) di balik tingginya elektabilitas Prabowo dibanding kandidat lain itu.

Dia mengungkapkan ada tren pemilih Jokowi pada pilpres lalu untuk memilih Prabowo, saat ini. Tak lain tak bukan, ini terjadi karena Prabowo diasosiasikan sebagai bacapres yang paling direstui Jokowi.

Bawono mulanya mengungkit elektabilitas Prabowo masih di bawah Ganjar pada periode April lalu versi survei Indikator. Namun, elektabilitas Prabowo menjadi meningkat saat ini.

Baca juga : Survei Indikator: Pemilih Jokowi Mayoritas Pilih Ganjar, Terus Meningkat

"Temuan dari hasil survei tatap muka Indikator periode 20-24 Juni ini elektabilitas dari Prabowo Subianto mencapai 36,8% di simulasi tiga nama. Jika dibandingkan survei tatap muka periode 11- 18 April temuan Indikator elektabilitas dari Prabowo Subianto saat itu masih di kisaran angka 31.0%, masih di bawah Ganjar Pranowo. Jadi ada lonjakan dari tingkat elektabilitas cukup signifikan dialami Prabowo Subianto," katanya.

Bawono menilai meningkatnya elektabilitas Prabowo itu lantaran berhasil menarik dukungan dari basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Dia menyinggung hasil survei Indikator juga menunjukkan dukungan basis Jokowi-Ma'ruf Amin ke Prabowo meningkat dalam kurun 3 bulan terakhir.

"Salah satu sebab dari lonjakan tingkat elektabilitas itu tidak dapat dimungkiri dikarenakan Prabowo Subianto perlahan-lahan semakin mampu menarik dukungan dari pemilih Joko Widodo di pemilu lalu," kata Bawono.

Baca juga : Survei Indikator: Erick Cawapres Paling Top, Paling Jos Dijodohin Dengan Ganjar

Bawono menilai peningkatan dukungan dari basis Jokowi kepada Prabowo lantaran adanya endorsement dari Jokowi. Menurutnya, Prabowo telah membuktikan kinerja dan dedikasi tinggi selama menjadi Menteri Pertahanan di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kalau melihat data survei nasional Indikator Politik Indonesia, dalam tiga bulan terakhir terjadi peningkatan dukungan dari basis pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin di pemilu lalu terhadap Prabowo Subianto. Sangat mungkin sekali peningkatan dukungan terhadap Prabowo dari basis pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin disebabkan endorsement, baik secara tersirat maupun tersurat dari Presiden terhadap Prabowo dalam sejumlah kesempatan," ujarnya.

"Meskipun pernah menjadi rival pada dua pemilihan presiden terdahulu tapi Prabowo telah membuktikan kinerja dan dedikasi tinggi selama menjadi Menteri Pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin," lanjut dia.

Baca juga : Survei Indikator: Mayoritas Pemilih Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Lebih lanjut Bawono menyinggung geliat Jokowi yang kerap mengajak Prabowo dalam kegiatan atau kunjungan kerjanya. Hal ini, menurutnya, menimbulkan pandangan di kalangan pendukung Jokowi bahwa Prabowo paling direstui Presiden.

"Di berbagai kesempatan kegiatan kenegaraan Presiden hampir selalu mengajak Prabowo untuk turun ke lapangan melihat implementasi dari kebijakan-kebijakan telah diambil oleh pemerintah. Sehingga di mata pemilih Presiden Joko Widodo di dalam dua pemilu terdahulu Prabowo Subianto diasosiasikan sebagai bakal calon presiden paling direstui oleh Presiden," kata Bawono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.