Dark/Light Mode

Simulasi 2 Nama Survei SMRC, Ganjar Pranowo Ungguli Anies Baswedan

Rabu, 23 Agustus 2023 20:19 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan), dijagokan dalam simulasi Pilpres 2 nama melawan Anies Baswedan, menurut survei terbaru SMRC, Rabu (23/8). (Foto: Instagram)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan), dijagokan dalam simulasi Pilpres 2 nama melawan Anies Baswedan, menurut survei terbaru SMRC, Rabu (23/8). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset teranyar yang dipublikasikan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada hari ini, Rabu (23/8), mengukuhkan nama Ganjar Pranowo sebagai pemenang Pilpres, bila pesta demokrasi lima tahunan itu digelar pada hari ini.

Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap dua nama, Ganjar menang dengan angka 49,6 persen. Mengalahkan Anies Baswedan yang hanya mengantongi angka 32,8 persen. Sementara 17,6 persen lainnya, menjawab tidak tahu.

 

Baca juga : Simulai 3 Nama SMRC: Ganjar Bertengger Di Puncak Elektabilitas, Kalahkan Prabowo Dan Anies

"Dari Desember 2021 ke Agustus 2023, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 2 nama, dukungan terhadap Ganjar meningkat dari 36,3 persen menjadi 49,6 persen. Sedangkan Anies, turun dari 41,1 persen menjadi 32,8 persen," jelas pendiri SMRC Saiful Mujani, dalam keterangan virtual, Rabu (23/8).

Metodologi

Survei nasional ini dijalankan SMRC pada 31 Juli hingga 11 Agustus 2023. Dengan melibatkan 3.710 responden yang dipilih secara random (stratified multistage random sampling) dari populasi tersebut, dengan jumlah yang proporsional.

Oversample dilakukan di provinsi-provinsi kecil, sehingga jumlah sampel tiap provinsi minimal 100 responden.

Baca juga : Survei SMRC, Simulasi 2 Nama: Elektabilitas Ganjar Menguat, Prabowo Menurun

Total sampel akhir mencapai 5.000 responden. Dengan response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) berjumlah 4.260 atau 85 persen yang dianalisis.

Margin of error survei dengan jumlah sampel tersebut secara nasional diperkirakan +/- 1,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.