Dark/Light Mode

Pancing Investasi Masuk RI

Ganjar Komit Siapkan Generasi Adaptif Lewat Pendidikan Berkualitas

Rabu, 25 Oktober 2023 19:22 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden Ganjar Pranowo berkomitmen menyiapkan generasi adaptif lewat pendidikan berkualitas untuk memancing investasi masuk Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar di Kompleks Terminal Rajabasa, Jalan ZA Pagar Alam, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu (25/10/2023).

Menurut Ganjar, pendidikan berkualitas merupakan salah satu kunci membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Jika lapangan kerja melimpah, Ganjar optimis investasi akan datang dari berbagai sektor.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Gelar Kegiatan Penanaman Bibit Pohon Cemara

“Dalam sistem pendidikan kita mesti kita siapkan anak-anak yang adaptif. Satu mengundang investasi agar lapangan kerja kita juga bisa lebih terpenuhi. Kalau mau investasi jangan dipersulit, harus dimudahkan,” ujarnya. 

Terlebih, Ganjar menyebut, generasi yang lahir dari pendidikan berkualitas dapat mensinkronkan kemampuan dan pengetahuannya dengan perkembangan zaman di era disrupsi yang serba cepat ini.

Dengan begitu, kata Ganjar, jenis-jenis pekerjaan baru bisa lahir dan siap diserap seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga akan semakin banyak sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi.

“Lapangan kerja itu hampir semua daerah ya (dibutuhkan), apalagi masuk era digital ini begitu masif, ada sektor lapangan kerja yang hilang tapi ada juga lapangan pekerjaan baru yang muncul,” tutur politisi PDI Perjuangan ini. 

Baca juga : Menuju Indonesia Emas 2045, BPIP Siapkan Generasi Muda Berkarakter Pancasila

Di samping membangun pendidikan berkualitas, Ganjar pun siap memberikan akses dan fasilitas pelatihan untuk menelurkan wirausahawan baru di Indonesia agar semakin banyak investor yang tertarik menanamkan modal di Tanah Air.

“Membangun entrepreneur baru dengan pelatihan, akses permodalan, dan pendampingan. Itu yang mesti ada agar kemudian mereka perlu mendapatkan ruang untuk mereka berkreasi,” tandasnya.

Sebelumnya Ganjar telah mendorong penyediaan pendidikan berkualitas dengan merintis SMKN Jateng saat menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Sekolah kejuruan berbasis boarding school itu berbiaya gratis untuk siswa kurang mampu.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji Kanasugi Beri Penghargaan Dua Pegiat Pendidikan

Ganjar pun siap mereplikasi program tersebut di kancah nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.