Dark/Light Mode

Dubes Jepang Kenji Kanasugi Beri Penghargaan Dua Pegiat Pendidikan

Jumat, 20 Oktober 2023 05:51 WIB
Ketua Indonesia Education Promotion Foundation, Kuboki Yasunobu (kiri) dan Ketua Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia, Fadilah Hasyim (kanan) menerima penghargaan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, di Jakarta, Rabu (18/10/2023). (Foto Kedutaan Besar Jepang)
Ketua Indonesia Education Promotion Foundation, Kuboki Yasunobu (kiri) dan Ketua Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia, Fadilah Hasyim (kanan) menerima penghargaan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, di Jakarta, Rabu (18/10/2023). (Foto Kedutaan Besar Jepang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi memberikan penghargaan kepada dua pegiat pendidikan yang telah berkontribusi dalam dunia pendidikan yang mempererat hbungan Indonesia dan Jepang.

Senyum Kuboki Yasunobu dan Fadilah Hasyim merekah saat menerima penghargaan dari Dubes Kanasugi. Pemberian penghargaan dilakukan di kediaman Dubes Jepang, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (18/10).

Yasunobu Kuboki merupakan Ketua Indonesia Education Promotion Foundation (IEPF) yang didirikan tahun 2.000. Kuboki berkontribusi dalam mempromosikan hubungan persahabatan antara anak-anak Jepang-Indonesia. Lewat pendidikan lingkungan sekolah dan pelatihan bagi guru-guru di TK dan SD yang dikelola oleh Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia.

Baca juga : Pos Indonesia Kolaborasi Kemenag Dorong Peningkatan Layanan Pendidikan

Sementara itu, Fadilah Hasyim merupakan Ketua Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia yang juga mendirikan IEPF. Bersama Kuboki, ia berkontribusi dalam mempromosikan pendidikan lingkungan sekolah dan pelatihan pendidikan yang dikelola Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia.

“Keduanya telah meningkatkan kesempatan pendidikan anak-anak di Indonesia. Serta mengembangkan hubungan antara Jepang dan Indonesia,” kata Kanasugi,” ungkapnya.

Dubes sejenak mengenang bagaimana kedua orang itu mendatangi Kedutaan Jepang di masa pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk melindungi hak anak-anak Indonesia dalam memperoleh pendidikan.

Baca juga : Jelang Pemilu 2024, KSP Suarakan Penegakkan HAM Dalam Kontestasi Politik

“Saya terharu dan masih ingat ketika bapak Hasyim dan Kuboki mendatangi Kedutaan Besar Jepang di tengah pandemi. Dan saya mendengar antusiasme mereka untuk meningkatkan lingkungan pendidikan di Indonesia,” ujar Dubes yang ngepos di Indonesia sejak 15 Januari 2021.

Pada kesempatan yang sama, Kobuki menyatakan tekadnya memperdalam persahabatan, memperluas pengertian dan berkontribusi pada masa depan kedua negara. Ia percaya, kekuatan persahabatan dan kerja sama akan mencapai keberhasilan yang baik.

“Saya tidak punya banyak teman di Indonesia, tapi saya merasa memiliki keluarga yang paling besar. Semua yang hadir di sini adalah keluarga saya. Terima kasih,” ujarnya.

Baca juga : Sepanjang 2023, SPKLU PLN Layani 21.461 Transaksi Pengisian Daya Listrik

Hasyim juga merasa terharu mendapatkan penghargaan dari Dubes Jepang. Kendati banyak tantangan yang harus dihadapi, ia bersyukur banyak mendapat dukungan untuk menjalankan yayasan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.