Dark/Light Mode

Dapil DKI Jakarta I

Putra, Habib, Mardani, Eko Digoyang Yusuf Dan Ali

Minggu, 5 November 2023 08:10 WIB
Dapil DKI Jakarta I Putra, Habib, Mardani, Eko Digoyang Yusuf Dan Ali

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta 1 akan menjadi medan pertempuran bintang-bintang tersohor di Pemilu 2024. Sejumlah Caleg dari unsur pejabat, politisi senior, hingga kalangan artis, akan adu kuat memperebutkan 6 kursi DPR RI dari dapil yang meliputi Kota Jakarta Timur itu.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, hanya 4 parpol yang berhasil keluar sebagai pemenang. PDIP dan PKS meraih hasil tertinggi di dapil tersebut dengan merebut 2 kursi DPR. Sedangkan 2 partai lain (Gerindra dan PAN), harus puas dengan masing-masing menggondol 1 kursi DPR.

Baca juga : Plt Ketum Mardiono Beri Pengarahan untuk Pemenangan Pemilu

Dari PDIP, mantan jurnalis Putra Nababan meraih suara terbanyak (101.769) dan berhasil melenggang ke DPR. Putra ditemani rekan separtainya, Sondang Tiar Debora yang meraih 36.185 suara.

Dari PKS, dua kader terbaiknya ; Mardani Ali Sera dan Anis Biryawati berhasil lolos ke Senayan. Mardani meraih 155.275 suara, sedangkan Anis mendapat 39.935 suara.

Baca juga : Persib Vs Madura United, Perang Papan Atas

Partai Gerindra dan PAN masing-masing mendapat 1 kursi. Kursi DPR dari Gerindra diisi Habiburokhman yang meraih 76.028 suara. Sedangkan PAN meloloskan mantan komedian yang juga politisi seniornya, Eko Hendro Purnomo atau akrab disapa Eko Patrio yang meraih 104.564.

Bagaimana dengan Pileg 2024? Berdasarkan daftar caleg tetap (DCT) yang dilansir lewat situs KPU, pertarungan Caleg di dapil tersebut diprediksi bakal lebih keras lagi. Selain 6 incumbent yang kembali bertarung, di dapil tersebut, juga muncul nama-nama Caleg pendatang baru yang cukup mumpuni.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Senin 30 Oktober, Hadir Di 5 Lokasi

Dari NasDem, politisi senior Ahmad Ali yang sebelumnya terpilih dari Dapil Sulteng, kini memutuskan maju dari dapil DKI Jakarta 1. Sebagai petinggi NasDem yang sering wara-wiri bareng Anies Baswedan, nama Ali mulai dikenal oleh warga Jakarta Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.