Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik Indonesia

Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Menguat, Ganjar Menyusut

Minggu, 12 November 2023 14:44 WIB
Capres 2024 (dari kiri): Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Capres 2024 (dari kiri): Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini, Minggu (12/11/2023), menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi: 40,6 persen. Jauh meninggalkan Ganjar Pranowo 27,8 persen dan Anies Baswedan 23,7 persen.

“Perbedaan suara Mas Anies dan Mas Ganjar masih dalam batas margin of error. Kemungkinan dua putaran masih terbuka, dengan asumsi Pak Prabowo tidak berhasil menaikkan suara hingga 50 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan virtual, Minggu (12/11/2023).

Burhan menjelaskan, perubahan besar terjadi dalam periode waktu yang sangat singkat, hanya sekitar seminggu, pasca-penutupan pendaftaran capres-cawapres di KPU, 25 Oktober 2023.

Baca juga : Elektabilitas Anies-Imin Boleh Saja Paling Buncit, Tapi Strong Voter-nya Nomor 1

Dari sisi tren, Prabowo dan Anies masing-masing menguat sekitar 2-3 persen. Sedangkan Ganjar, menyusut hingga sekitar 8 persen.

“Akumulasi peningkatan dukungan terhadap Prabowo dan Anies tampak menjadi tanggungan Ganjar,” papar Burhan.

Survei nasional yang dijalankan pada 25 Oktober hingga 1 November 2023, melibatkan 1.220 responden yang terpilih lewat metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Baca juga : Buntut Putusan MKMK, Elektabilitas Prabowo Dinilai Bakal Tergerus

Survei ini memiliki margin of error (MoE) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.