Dark/Light Mode

Relawan Jarwo Mania Gelar Nobar Film Budi Pekerti Untuk Sadarkan Generasi Tua

Rabu, 15 November 2023 20:41 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Jarwo Mania (Ganjar Pranowo Milenial) merayakan nomor urut 3 untuk pasangan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud, mengajak para milenial dan Gen Z Kota Depok, Jawa Barat, nonton bareng (nobar) film "Budi Pekerti", Rabu petang (15/11/2023).

Film peraih 21 nominator Festival Film Indonesia (FFI) 2023 ini, bertema kritik sosial tentang fenomena krisis budi pekerti di masyarakat.

Nobar berlangsung di Bioskop Studio CGV Cinemas Depok Mall, Jalan Margonda Raya, Depok, dimulai sejak pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB.

"Bagi kami anak muda, nomor urut 3 identik simbol metal, semangat melawan yang bengkok. Lewat Nobar film "Budi Pekerti", sesuai tema ceritanya, kami mengajak generasi milenial dan Z menyadarkan para orang tua agar mengajarkan mental budi pekerti menghadapi era teknologi siber," kata Ketua Relawan Jarwo Mania (Milenial), Fandi Lesmana, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Baca juga : Cara Ganjartivty Dorong Peningkatan Skill Generasi Muda Dan Buka Lapangan Kerja

Fandi mengaku tidak menyangka, antusiasme generasi milenial maupun gen Z terhadap film "Budi Pekerti" ini sangat tinggi.

Terbukti, pihaknya saat mengawali memutar Nobar ini di Jakarta, penonton yang usia 17 sampai 30 tahun rata-rata mengaku senang karena mendapat pelajaran moral, yang selama ini terabaikan.

"Rata-rata puas karena tema kehidupan sosial yang ditampilkan di film ini sangat update. Fenomena yang dialami anak-anak muda maupun para orang dewasa sekarang. Soal memasuki budaya siber. Ada konflik terkait hoaks, juga daya kreatif dalam budaya siber," ujar Ketua Jarwo Mania, jejaring relawan di bawah naungan Jarwo Center Indonesia.

Menghadapi Pemilu 2024, lanjut dia, perlu juga kampanye menyadarkan budi pekerti di kalangan millennial maupun gen Z.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Sukses Gelar Pembagian Sembako Di Jakpus

"Milenial dan gen Z sebagai pemilih terbesar 56 persen, jangan sampai salah pilih pemimpin ke depan," tambah Fandi, yang juga pengusaha muda di bisnis permata ini.

Film disutradarai sineas muda Wregas Bhanuteja ini mengangkat fenomena sosial, bahwa di tengah karakter budi pekerti yang terkikis, ternyata masih ada figur-figur teladan yang mempertahankan moral budi pekerti.

Film ini menceritakan tentang seorang guru, Bu Prani (diperankan Ine Febriyanti), yang harus rela dipecat dari sekolah karena gigih menghadapi persepsi masyarakat tentang hal buruk dianggap benar, tanpa mengenal lagi budi pekerti.

Ketua Umum Jarwo Center Indonesia, Budi Mulyawan menambahkan, Jarwo Mania (Milenial) sengaja memilih Kota Depok karena merupakan satu-satunya kota penyangga ibukota DKI Jakarta paling strategi dari aspek politik.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Workshop Cara Buat Sandwich Goreng Bareng Milenial 

"Di Depok ini kan ada UI (Universitas Indonesia) yang merupakan perguruan tinggi "the best" di Indonesia. Apalagi, kota ini sekarang juga jadi incaran para politisi pemula yang berambisi ingin jadi walikota," kata Budi Mulyawan, yang akrab dipanggil Cepi.

Karena itu, lanjut dia, Jarwo Center Indonesia sebagai induk Jarwo Mania (milenial) mendukung penuh ketika Depok dipilih untuk merayakan diperolehnya nomor urut 3 bagi Ganjar-Mahfud.

"Jadi, sangat relevan kalau Jarwo Mania mengajak milenial dan gen Z di kota Depok untuk membangkitkan karakter budi pekerti yang menjadi warisan agung budaya Nusantara. Selain jadi bekal menghadapi Pilpres, sekaligus juga kalau sudah waktunya memilih wali kota Depok yang sekarang masih dijabat Pj," pungkas Cepi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.