Dark/Light Mode

Ganjar Dorong Peningkatan SDM Pemuda Sesuai Potensi Lokal Di Daerahnya

Senin, 4 Desember 2023 19:01 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menerima keluhan soal anak muda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, meskipun sumber banyak perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam (SDA) di daerah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut Ganjar, hal itu bisa diatasi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Oleh karena itu, Ganjar berkomitmen untuk mendorong peningkatan SDM dalam visi-misinya sebagai capres dalam Pilpres 2024.

"Tadi dikatakan 'Oh di Sulteng banyak sekali pertambangan tapi tidak bisa bekerja'. Satu, kamu harus meyakinkan bahwa kamulah orang yang bisa mengisi itu. Artinya pendidikan dan keterampilan harus cukup," ucap Ganjar seusai dialog dengan pemuda Sulteng, di cafe Tanaris, Kota Palu, Senin (4/12/2023).

Baca juga : Kenang Pengabdian Doni Monardo, AHY: Beliau Senior Yang Profesional

Ganjar meyakini, potensi besar pemuda Sulteng untuk menjadi tulang punggung pembangunan di daerahnya sendiri, terlebih Sulteng memiliki SDA yang melimpah.

Untuk mencapai hal itu, Ganjar menekankan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas perlu disiapkan sesuai dengan karakteristik dan potensi lokal.

Sehingga, bisa menjadikan pemuda sebagai tuan rumah di negerinya sendiri.

"SDM mesti disiapkan sesuai dengan lokalitas atau potensi lokal yang ada di daerah, dan kalau SDM-nya bagus, pasti dia akan jadi tuan rumah di negerinya sendiri," tegasnya.

Baca juga : Atikoh Ganjar dan Peran Aktif Perempuan Dalam Kepramukaan

Ganjar mendapatkan pujian dari pemuda Sulteng, salah satunya Rahman Musa.

Ia memuji Ganjar yang memperhatikan peningkatan SDM bagi anak muda, terutama dalam menyiapkan bonus demografi di Indonesia.

"Ada juga anak muda yang jadi (cawapres) wapres lewat jalur keluarga. Tetapi itu tidak masalah, saya tidak ingin kritik calon lain karena calon terbaik ada di depan kita," ucap Rahman.

Dalam momen itu, Ganjar juga diberikan cinderamata berupa alat musik tradisional Sulteng, yaitu Lalove.

Baca juga : Mardani Ali Sera: Posisi Gimmick Di Bawah Gagasan

Cinderamata itu sebagai salah satu bentuk penghargaan atas dedikasi dan gagasan Ganjar yang dinilai mengerti anak muda Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.