Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ini Strategi Ganjar Kurangi Kesenjangan Pembangunan Dan Tingkatkan SDM Di Papua

Selasa, 28 November 2023 20:35 WIB
Capres Nomor Urut 3 Ganjar dalam acara Dialog di Ufuk Timur Nusantara Untuk Indonesia di Belavista, Merauke, Papua Selatan, hari Selasa (28/11/2023). (Foto: Ist)
Capres Nomor Urut 3 Ganjar dalam acara Dialog di Ufuk Timur Nusantara Untuk Indonesia di Belavista, Merauke, Papua Selatan, hari Selasa (28/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden Ganjar Pranowo mengungkapkan strategi untuk mengurangi kesenjangan di Papua ialah prioritas pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. 

Hal itu disampaikan Ganjar ketika ditanya cara mengurangi kesenjangan di Papua dengan daerah lainnya dalam acara 'Dialog di Ufuk Timur Nusantara Untuk Indonesia' di Belavista, Merauke, Papua Selatan, hari Selasa (28/11/2023).

Baca juga : Relawan ABJ Yakin Kemenangan Prabowo-Gibran Di Jateng Dan Yogyakarta

"Bagaimana kurangi gap? Prioritas. Prioritasnya apa? Membangun infrastruktur, pendidikan, kesehatan," tutur Ganjar menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut Ganjar, fokus pada sektor-sektor tersebut akan menghasilkan peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, serta mengurangi kesenjangan.

Baca juga : KPK Ungkap 3 Klaster Korupsi Kementan: Pemerasan, Sapi, Dan Holtikultura

"Kalau ini kemudian bisa mendapatkan prioritas dan masyarakat terdidik, sekolah, punya keterampilan, punya pengetahuan yang luas, maka kesempatan itu akan terjadi," kata mantan gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut. 

Dalam pandangan Ganjar, pembangunan tidak hanya mencakup pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan sumber daya manusia. Oleh karena itu, Ganjar menekankan perlunya investasi dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Papua.

Baca juga : Teken Kampanye Damai, Ganjar: Ungkapan Keseriusan Dari Pikiran Hati Dan Tindakan

"Sekolah dan pendidikan itu lah penting agar bisa digerakan anak-anak yang punya keterampilan, sehingga gap-nya makin hari makin berkurang," pungkas Ganjar. 

Ganjar menambahkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan implementasi strategi ini efektif. Ganjar mempunyai keyakinan bahwa melalui upaya bersama dan komitmen untuk meningkatkan kondisi di Papua, Indonesia dapat mencapai kemajuan yang merata dan berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.