Dark/Light Mode

Gibran Skak Imin Soal Proyek Besar di Solo: Pembangunan Sudah di Mana-mana

Sabtu, 23 Desember 2023 13:06 WIB
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, dalam debat Cawapres, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, dalam debat Cawapres, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan pemerataan pembangunan telah terjadi di banyak wilayah Indonesia. Hal tersebut dikatakan Gibran menanggapi pertanyaan Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Imin, terkait proyek besar yang berhasil dibangun di Solo.

"Pemerataan pembangunan itu sudah terjadi di mana-mana, bukan hanya di Solo. Dan itu fakta lho, Gus," kata Gibran, dalam Debat Cawapres Pemilu 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12).

Gibran menegaskan, saat ini Indonesia telah melakukan pemerataan pembangunan, yang sumbernya tidak hanya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semata. Ia mengatakan, banyak proyek yang dibangun berdasarkan kerja sama antarsejumlah pihak.

Baca juga : Gibran Tegaskan Hilirisasi Solusi Konkret Perdagangan Antara Indonesia Dengan Negara Lain

"Pemerataan pembangunan yang dibangun bukan hanya Solo saja. Sebannyak 53 persen investasi kita sudah ada di luar Jawa," jelasnya.

Ia pun memberi contoh pembangunan Sheikh Zayed Grand Mosque yang merupakan bentuk kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA). Kendati demikian, Gibran menekankan, terlalu banyak aspek yang perlu dilihat ketimbang bentuk dari sebuah bangunan. Salah satunya adalah dampak yang ditimbulkan untuk masyarakat.

"Tapi yang jelas, apa yang sudah di bangun, yang kita lihat bukan bangunan fisiknya saja, tapi kita lihat impactnya ke warga," tutur Gibran.

Baca juga : Gibran Jawab Mahfud Soal Pajak: Kita Tak Mau Berburu di Dalam Kebun Binatang

"Membangun masjid menggunakan CSR dari Abu Dhabi, impactnya apa? UMKM kita sekarang melesat, wisata kita melesat," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengatakan apa yang yang dilakukannya untuk Kota Solo belum sebanyak pembangunan yang dilakukan wali kota sebelum dirinya. Ia menekankan, saat ini kolaborasi pembangunan sangat mungkin dan penting untuk dilakukan.

"Kita juga harus berkolaborasi, tidak semua (pembangunan) pakai APBN. Ada yang pakai APBN plus APBD plus dibantu. Saya sering dibantu Pak Ganjar (Ganjar Pranowo, mantan Gubernur Jawa Tengah), Gubernur saya. Ini kolaborasi," tegas Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.