Dark/Light Mode

Tingkatkan Kesehatan Warga, Mahfud Pamer Program Satu Desa Satu Faskes

Senin, 25 Desember 2023 09:49 WIB
Capres dan cawapres no urut 3 Ganjar Pranowo kiri dan Mahfud MD di acara debat Cawapres di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (23/12/2023). (Foto: Instagram @ganjarpranowo)
Capres dan cawapres no urut 3 Ganjar Pranowo kiri dan Mahfud MD di acara debat Cawapres di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (23/12/2023). (Foto: Instagram @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD kembali memamerkan program unggulannya mengenai perlindungan kesehatan bagi masyarakat desa.

Hal itu dilakukan Mahfud saat memaparkan 21 programnya pada debat Cawapres yang disaksikan seluruh pendukung pasangan calon nomor urut satu dan dua di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (23/12/2023) lalu.

Kata Mahfud, dirinya bersama Ganjar Pranowo akan menghadirkan satu desa, satu fasilitas kesehatan (faskes), dan satu tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga : Mahfud Komit Tingkatkan Kesejahteraan Guru Ngaji: Penjaga Gawang Moral Bangsa

"Kami Ganjar dan Mahfud ingin memastikan untuk menyelenggarakan negara yang bersih melalui penegakan hukum tanpa pandang bulu. Ganjar Mahfud menyiapkan 21 program unggulan senilai Rp 2.500 triliun selama 5 tahun," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, program semua desa memiliki satu faskes dan nakes sangat penting untuk daerah-daerah di bagian timur Indonesia, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terpencil dan terdepan (3T).

Hal ini selaras dengan apa yang dirasakan Capres pendamping Mahfud, Ganjar Pranowo saat melakukan kampanye ke NTT, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Capai Kesetaraan Pendidikan, Mahfud Tekankan Program Afirmasi

Ganjar mendengar dan melihat sendiri betapa sulitnya masyarakat di bagian Timur Indonesia mendapatkan akses kesehatan yang baik.

Ganjar mendengar dan menyaksikan sendiri keluhan dan kondisi riil masyarakat di Merauke, Papua, dan juga di NTT.

Berdasarkan keterangan resmi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, saat ini baru 5,5 persen desa di Indonesia yang memiliki Puskesmas.

Baca juga : Gibran Dinilai Jadi Kuda Hitam Saat Debat Cawapres

Melalui program semua desa ada faskes dan nakes, Ganjar-Mahfud ingin meningkatkan rasio dokter di Indonesia menjadi 1 dokter per 1.000 penduduk dan menambah jumlah Puskesmas baru sebanyak 11.000 unit pada 2029.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.