Dark/Light Mode

Mahfud Komit Tingkatkan Kesejahteraan Guru Ngaji: Penjaga Gawang Moral Bangsa

Jumat, 22 Desember 2023 22:38 WIB
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/ RM)
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/ RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para guru ngaji di seluruh Indonesia. 

Mahfud mengatakan, guru ngaji memiliki peran besar dalam membentuk akhlak dan moral anak bangsa melalui pengajaran Alquran di Taman Pengajian Al-Quran (TPQ) dan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA). 

"Fakta menunjukkan, peran para guru ngaji tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan mereka," kata Mahfud, dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Baca juga : Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan Mulai Dibangun Di IKN

"Ganjar-Mahfud berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pada guru ngaji dan pengajar agama lainnya di Indonesia," lanjut Menko Polhukam itu. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada puluhan juta anak muslim di Indonesia yang membutuhkan pendampingan dan pembelajaran Alquran dari para guru ngaji. Dengan jumlah anak sebanyak itu, peranan guru mengaji sangat vital. 

"Karena menjadi ujung tombak bagi pembelajaran Alquran, pendidikan, serta pengembangan karakter, dan akhlak anak bangsa," ucap Mahfud. 

Baca juga : Menhub Sebut Potensi Pergerakan Nataru Capai 107 juta, Imbau Warga Tak Motoran

Saat ini, diperkirakan ada sekitar ratusan ribu guru ngaji yang mengajari di TPQ dan TKA. Sebagian besar dari mereka masih dibayar sangat rendah. "Sangat bertolak belakang dengan peran mereka sebagai penjaga gawang moral bangsa," tekan Mahfud. 

Karena itu, peningkatan kesejahteraan guru ngaji, merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda. 

"Pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen mewujudkan kesejahteraan mereka, jika memenangi kontestasi Pilpres 2024," papar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.