Dark/Light Mode

Guru Dan Pelajar Sambut Antusias Program Internet Gratis Ganjar-Mahfud

Selasa, 9 Januari 2024 11:13 WIB
Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Istimewa
Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalangan pelajar dan guru menyambut baik program internet gratis di seluruh Indonesia (GratisIn) yang baru diluncurkan oleh pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Mereka menilai, internet sudah menjadi kebutuhan setiap pelajar di seluruh Indonesia, sedangkan selama ini pelajar masih membeli kuota.

Dengan internet gratis, pelajar tidak perlu mengeluarkan biaya membeli kuota setiap hari untuk menggunakan fasilitas internet. Rahayu, salah seorang guru SMA swasta di Jakarta, mengatakan sangat menyambut baik rencana Ganjar-Mahfud menyediakan internet gratis di seluruh Indonesia.

Dia mengatakan selama ini, untuk kebutuhan belajar mengajar dirinya dan teman sejawatnya telah menggunakan kuota internet yang disediakan sekolah. Namun, jelasnya, karena kuota yang dibeli masih terbatas, para siswa tidak diberikan password WIFI, sehingga siswa harus membeli sendiri.

Baca juga : Relawan NTB Sosialisasikan Program Unggulan Ganjar Mahfud

Menurutnya, setidaknya satu orang siswa menghabiskan rata-rata 50 ribu per minggu untuk membeli kuota internet, baik digunakan untuk ponsel maupun laptop.

"Jika Pemerintah menyediakan spot internet gratis di setiap sekolah dan tempat umum dengan kecepatan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, pasti sangat membantu pelajar untuk memaksimalkan teknologi untuk belajar," jelas Rahayu.

Hal yang sama juga disampaikan sejumlah pelajar di Jakarta. Mereka mengaku tidak sabar menantikan banyaknya spot internet gratis dengan kecepatan tinggi.

David Togar, salah seorang pelajar, di Jakarta Timur, mengatakan selain mendengarkan penjelasan guru di ruang kelas, dia selalu memanfaatkan internet untuk mendapatkan banyak informasi pelajaran maupun pengetahuan umum.

Baca juga : Sumber Daya Strategis, TPN Dukung Peta Jalan Selatan-Selatan Ala Ganjar - Mahfud

Dengan internet, jelasnya, dia juga dapat menjalin pertemanan dengan pelajar dari seluruh dunia. Namun, jelasnya, selama ini dirinya harus membeli kuota sendiri dan jika ke tempat publik, biasanya harus mengeluarkan uang untuk membeli minuman atau makanan.

David Togar juga berharap internet gratis dapat segera direalisasikan di seluruh Indonesia, sehingga pelajar di semua wilayah, mulai dari Aceh hingga Papua, sampai ke pelosok Indonesia juga bisa mendapatkan jaringan internet cepat.

Seperti diketahui, pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD meluncurkan program GratisIn alias internet gratis, super cepat dan merata di seluruh Indonesia di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).

Program ini dilakukan untuk memastikan pelajar di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, terutama bagi pelajar dari keluarga tidak mampu.

Baca juga : Suarakan Perubahan, Masyarakat Lintas Profesi Pantura Jateng Kompak Dukung AMIN

Selain fokus pada pelajar, Ganjar-Mahfud juga meyakini program internet gratis dapat membantuk pengembangan bisnis pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta para pekerja lapangan di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.