Dark/Light Mode

Bahas KSS Di Debat Capres Ketiga, Ketua TPN: Perkuat Indonesia Di Kancah Global

Selasa, 9 Januari 2024 23:19 WIB
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Arsjad Rasjid. (Foto: Dok TPN)
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Arsjad Rasjid. (Foto: Dok TPN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid menegaskan, Kerjasama Selatan-Selatan (KSS) akan memperkuat posisi Indonesia dalam persaingan di kancah internasional. 

Hal itu disampaikan Arsjad menyusul pernyataan Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo yang mendorong KSS agar memainkan peran penting di kancah global. 

Baca juga : Debat Capres Ketiga, Ganjar Disebut Kuasai Panggung

Menurut Arsjad, KSS bisa memperbesar kekuatan ekonomi. Bahkan, bisa berdampak positif bagi rakyat kecil. "Kerangka kerja sama ini mengkoordinasikan negara dengan kekuatan menengah, terutama di kawasan Indo-Pasifik," kata Arsjad, Selasa (9/1/2024). 

Dia berharap langkah KSS bisa menjadi alternatif dalam merespons persaingan antar-negara hegemoni di kawasan. "Pengaturan ini juga mencerminkan prinsip 'Bebas-Aktif' yang menjadi prinsip politik luar negeri Indonesia, dalam berinteraksi di fora internasional,” jelas Arsjad.

Baca juga : Herman Khaeron: Rakyat Yang Berhak Menilai Prabowo

Sebelumnya, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyinggung Kerjasama Selatan-Selatan (KSS) pada Debat Capres-Cawapres Ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. 

Kata Ganjar, peran KSS sangat penting ketika berhadapan dengan negara maju. Hal ini, diakui Ganjar, terbukti ketika kebijakan larangan ekspor nikel Indonesia dipersoalkan Uni Eropa melalui World Trade Organization (WTO). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.