Dark/Light Mode

Berkat SBY dan Indrata Nur Bayuaji, Pacitan Masih Dikuasai Partai Demokrat

Kamis, 18 Januari 2024 22:27 WIB
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (tengah) saat berfoto dengan warga. (Foto: Ist)
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (tengah) saat berfoto dengan warga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Pusat Studi Kebijakan Publik dan Politik (Pusdikppol) menunjukkan, dominasi Partai Demokrat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, masih tinggi. Salah satu alasannya adalah keberadaan sosok Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Dua tokoh itu masih menjadi rujukan pilihan politik warga Pacitan. 

Manager Pusdikppol Junaidi Doni Luli mengatakan, pengaruh SBY terhadap pilihan politik warga Pacitan masih tinggi. Hal itu dikarenakan, SBY sebagai tokoh nasional yang lahir di Pacitan, dan telah lama dihormati dan dicintai oleh masyarakat setempat. 

Dari hasil survei diketahui SBY masih dianggap sebagai inspirasi dan simbol integritas politik. "Kecintaan terhadap SBY telah melekat kuat di hati warga Pacitan," kata Doni, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Pelatih Bojan Hodak Seleksi 2 Pemain Muda Masuk Skuad Utama Persib

Di sisi lain, kata dia, Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pacitan masih mendapat tempat di hati warga. Dari survei diketahui, popularitas Indrata tinggi dengan simulasi top of mind mencapai 44, persen. Sementara tingkat kesukaan pada Indrata Nur Bayuaji mencapai 92,4 persen.  

Dengan angka tersebut, kata dia, Indrata berpeluang besar untuk mempertahankan posisinya sebagai Bupati pada pilkada November nanti.

"Publik beralasan tetap memilih Indrata karena dinilai perhatian pada rakyat problem solver yang baik," ujarnya. 

Baca juga : Kampanye Di Pacitan, Ibas Ajak Warga Datang Ke TPS Dan Coblos Partai Demokrat

Survei juga menunjukkan Partai Demokrat menjadi pilihan utama di Pacitan. Dukungan warga kepada Demokrat bukan hanya soal ideologi, tetapi juga keterikatan emosional dan kepercayaan pada figur-figur kunci yaitu SBY. 

"SBY dan Bayuaji telah membentuk persepsi politik di Pacitan yang berorientasi pada kemajuan dan kestabilan," kata Doni. 

Pusdikppol menggelar survei pada 1-7 Januari 2024 dengan melibatkan 500 responden. Survei menggunakan metode multiple random sampling dengan margin of error 4,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.