Dark/Light Mode

45 Menit Jokowi Bareng AHY Sepedaan dan Sarapan Gudeg Politik di Yogya

Senin, 29 Januari 2024 08:14 WIB
Momen Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sarapan gudeg saat mengisi bareng, Yogyakarta, Minggu (28/1). (Foto: Instagram AHY)
Momen Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sarapan gudeg saat mengisi bareng, Yogyakarta, Minggu (28/1). (Foto: Instagram AHY)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengajak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sepedaan bareng, lalu sarapan gudeg saat mengisi akhir pekan DI Yogyakarta, Minggu (28/1/2024). Selama 45 menit, keduanya membicarakan banyak hal, termasuk soal situasi politik terkini.

Video Jokowi gowes bareng itu dipamerkan AHY di akun Instagram miliknya, @agusyudhoyono. Dalam video itu tampak AHY, yang tampil sporty dengan kaos pendek biru, sedang sepedaan di sekitar Gedung Agung, Kota Yogyakarta. AHY lalu meminggirkan sepedanya karena mengetahui ada rombongan Presiden Jokowi yang juga bersepeda.

Tak lama kemudian, rombongan Jokowi datang dan berhenti di samping AHY. AHY pun langsung memberikan hormat, lalu bertanya kabar.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lalu minta izin untuk ikut sepedaan bareng. "Ayo," jawab Jokowi, yang mengenakan kaos olahraga hitam dan helm warna merah, singkat. Keduanya lalu sepedaan bareng keliling Kota Yogya.

Baca juga : Kelar Gowes Bareng, Jokowi Dan AHY Sarapan Di Gudeg Yu Djum Wijilan Yogyakarta

Sambil gowes bareng, AHY menceritakan kegiatannya, antara lain menghadiri kampanye di Serang, Banten, bersama Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Tak lupa AHY menyampaikan salam hormat ayahnya, SBY. Lalu, dia berbicara agenda Kirab Kebangsaan bersama Prabowo-Gibran, di Simpang Lima Semarang.

Setelah itu, Jokowi mengajak AHY sarapan bareng di Rumah Makan Gudeg Yu Djum. Di rumah makan legendaris itu, keduanya duduk semeja, saling berhadapan. Dalam beberapa foto yang diunggah AHY di Instagram miliknya, keduanya tampak asyik mengobrol. Jokowi tampak bercerita, dan AHY dengan seksama mendengarkan. Acara sarapan bareng ini cukup lama, hingga 45 menit.

Usai sarapan, keduanya kembali melanjutkan sepedaan dan menyapa masyarakat. Di depan Gedung Agung, AHY lalu meminta izin untuk melanjutkan kegiatan. Keduanya pun berpisah.

Kata AHY, ada banyak isu yang didiskusikan dalam pertemuan dengan Jokowi. Salah satunya adalah tentang kesiapan Pemilu. "Kami berharap agar Pemilu berjalan aman, damai, dan demokratis," kata AHY.

Baca juga : Yusril: Jokowi Benar, Presiden Boleh Kampanye dan Berpihak Dalam Pemilu

AHY juga berharap agar Jokowi bisa menuntaskan sisa masa jabatannya dengan baik. “Sehat selalu Pak Jokowi. Semoga senantiasa dikaruniai kelancaran untuk menuntaskan masa pengabdian ini,” ujarnya.

Pihak Istana membenarkan soal pertemuan Presiden Jokowi dengan AHY tersebut. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan bahwa Jokowi dan AHY membicarakan beberapa topik dalam obrolan yang santai. Mulai dari hal-hal yang ringan, sampai dengan persoalan kebangsaan. "Dan tentu saja situasi perpolitikan di Tanah Air," kata Ari.

Ari mengungkapkan, pertemuan Presiden dengan tokoh-tokoh politik adalah hal biasa, termasuk pertemuan pada hari libur dan dalam suasana informal. Menurut Ari, komunikasi ini perlu didukung, terutama untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. "Karena persoalan bangsa tidak bisa diselesaikan sendiri, perlu semangat kolaborasi, kerja sama, dan sinergi," jelasnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Demokrat, Herzaky Mahendra, menyebut perbincangan antara Jokowi dan AHY berlangsung hangat, membahas situasi politik nasional dan berkomitmen pemilu damai, aman dan demokratis.

Baca juga : Tips Memilih AC yang Tepat Agar Ruangan Nyaman dan Tagihan Listrik Hemat

Apa makna pertemuan Jokowi dengan AHY ini? Pengamat politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menilai, ini merupakan lanjutan dari deretan pertemuan Jokowi dengan ketua umum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, Jokowi memang sudah melakukan makan malam bareng Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, lalu bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Pertemuan Jokowi dan AHY hari ini menyempurnakan rangkaian pertemuan itu, sekaligus menegaskan arah keberpihakan dan dukungan politik Jokowi untuk paslon 02 Prabowo-Gibran," kata Umam.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) ini menilai, Jokowi hendak memastikan peran Partai Demokrat dalam pemenangan paslon nomor urut 2. Di sisi lain, AHY bersama Demokrat mulai tampak perannya dalam upaya memenangkan Prabowo-Gibran.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (29/1), dengan judul “45 Menit Jokowi Bareng AHY Sepedaan dan Sarapan Gudeg Politik di Yogya”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.