Dark/Light Mode

Di Papua, Biaya Kirim Logistik Pemilu Per TPS Tembus Rp 150 Juta

Selasa, 30 Januari 2024 10:49 WIB
Petugas menyusun kotak suara di gedung penyimpanan di Kawasan Gunung Sahari, Jakarta. (Foto: RM/Rizki Syahputra)
Petugas menyusun kotak suara di gedung penyimpanan di Kawasan Gunung Sahari, Jakarta. (Foto: RM/Rizki Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi wilayah Papua yang ekstrim membuat biaya pengiriman logistik Pemilu 2024 ikut membengkak. Anggaran untuk pengiriman logistik di provinsi paling timur itu mencapai Rp150 juta per TPS. 

Ketua KPU Papua Steve Dumbon mengatakan, tingginya biaya pengiriman logistik itu disebabkan berbagai faktor, antara lain kondisi wilayah yang ekstrim dan belum tersedianya sarana transportasi yang memadai. 

Baca juga : Logistik Pemilu Terkirim 100%

"Ada lokasi TPS yang untuk mencapainya harus sewa pesawat atau perahu motor yang dilanjutkan dengan berjalan kaki," kata Steve Dumbon, seperti dikutip ANTARA di Jayapura, Selasa (30/1/2024).

Menurut Steve, salah satu kabupaten di Papua yang alokasi untuk distribusi logistik tertinggi ada di Kabupaten Mamberamo Raya. Anggaran kirim logistik di sana mencapai Rp10 miliar. "Karena selain untuk carter atau sewa pesawat atau heli, juga perahu motor dan harus dipikul dengan berjalan kaki selama sekitar tiga hari," ungkapnya.

Baca juga : Pagi Ini, Harga Emas Tembus Rp 1.123.000 Per Gram

Ketika ditanya apakah logistik sudah didistribusikan, Ketua KPU Papua mengakui, saat ini KPU di kabupaten dan kota masih tahap pengepakan karena baru terima formulir-formulir.

"Untuk pendistribusian nantinya akan menggunakan pihak ketiga sehingga bagi perusahaan yang ingin berkontribusi silahkan mengajukan penawaran melalui sistem informasi logistik KPU (silog)," paparnya. 

Baca juga : Awal Tahun, Harga Emas Tembus Rp 1.129.000 Per Gram

Wilayah kerja KPU Papua meliputi sembilan kabupaten dan kota yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya, Supiori, Biak Numfor, Waropen serta Kepulauan Yapen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.