Dark/Light Mode

37 Hari Jelang Pencoblosan

Logistik Pemilu Terkirim 100%

Minggu, 7 Januari 2024 07:50 WIB
Anggota KPU Divisi Logistik Yulianto Sudrajat. (Foto: Dok. KPU RI)
Anggota KPU Divisi Logistik Yulianto Sudrajat. (Foto: Dok. KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPU menyatakan pengiriman logistik pemilu untuk tahap pertama di dalam negeri telah terkirim 100 persen. KPU telah mengirimkan seluruh logistik dan telah disimpan di gudang KPU Kabupaten dan Kota.

Adapun pemenuhan logistik tahap pertama ini terdiri dari kotak suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel dan segel plastik. Tahap pertama ini tercatat rampung pada Kamis (4/1) malam.

Baca juga : Pelanggaran Marak, Sanksinya Lembek

Anggota KPU Divisi Logistik, Yulianto Sudrajat mengatakan, pengiriman logistik Pemilu untuk tahap pertama ini telah selesai. “Produksinya sudah sebesar 100 persen sudah terpenuhi, pengiriman juga sudah terpenuhi 100 persen dan kemudian penerimaan di gudang KPU Kabupaten Kota juga sudah 100 persen terpenuhi,” kata Yulianto, Jumat (5/1/2024) petang.

Selanjutnya, kata dia, KPU akan melakukan pengiriman atau pemenuhan logistik tahap kedua. Logistik tahap kedua ini meliputi surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Baca juga : Jokowi: Jangan Lagi Ada Image Preman Di Terminal Bus

Selain itu, sampul kertas kubus dan biasa, formulir pleno Presiden dan Wakil Presiden, Pleno DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Serta formulir A4 dari Presiden hingga DPRD Kabupaten Kota dan lainnya.

Sejauh ini progres pemenuhan logistik tahap kedua produksinya sudah mencapai 85 persen. Adapun logistik sudah dikirim 55 persen. “Sementara yang sudah terkirim 30 persen sampai di seluruh gudang gudang KPU Kabupaten Kota,” sambungnya.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Logistik, SPSL Gelar Customer Hearing 2023

Ia menyebutkan, proses pengiriman logistik Pemilu 2024 ini akan rampung pada pertengahan bulan ini.

Sementara itu, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyampaikan tugas KPU mengirim logistik masih panjang. Apalagi, distribusi logistik dalam negeri lebih berat daripada luar negeri. Salah satu yang dikhawatirkan adalah faktor eksternal seperti cuaca hujan, mengganggu proses pendistribusian logistik Pemilu 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.