Dark/Light Mode

Tiap Hari Viral! Gibran Jadi Raja Medsos Unggul Di Tiktok Dan Instagram

Jumat, 2 Februari 2024 15:29 WIB
Tiap Hari Viral! Gibran Jadi Raja Medsos Unggul Di Tiktok Dan Instagram

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dianggap berhasil dalam memanfaatkan media sosial, khususnya TikTok dan Instagram. Di dua platform media itu, Gibran mampu berinteraksi langsung dan membangun hubungan akrab dengan audiens yang lebih muda. Hasilnya, dalam waktu singkat, akun media sosial TikTok milik Gibran mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Mengalahkan dua cawapres lainnya. 

Sebagai contoh, berdasarkan data yang diambil pada Januari 2024 dari SocialBlade dan InsTrack, Instagram Gibran (@gibran_rakabuming) memiliki pengikut sebanyak 1,6 juta. Namun, pada Februari 2024, pengikut Gibran di Instagram sudah mencapai angka 2,4 juta orang dan mengalami peningkatan sebesar 50 persen.

Peningkatan ini terbilang cukup superior jika dibandingkan dengan kedua Cawapres lain yang peningkatan pengikut Instagramnya tidak mencapai 10 persen. Sedangkan pengikut Gibran di platform sosial media Tiktok mencatatkan peningkatan yang sangat luar biasa.

Baca juga : Alam Kagum Keterlibatan Anak Muda Mojokerto Di Sektor Pertanian Dan Peternakan

Pada Januari, pengikut Tiktok Gibran berada pada angka 555 ribu orang. Namun, pada Februari jumlah pengikut Gibran meningkat 188 persen menjadi 1,6 juta orang. Jauh melebihi kedua Cawapres lain yang peningkatannya tidak lebih dari 200 ribu pengikut.

Senada dengan pernyataan di atas, Direktur KCI LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, menyatakan, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, memiliki keunggulan baik di kalangan mereka yang aktif di media sosial maupun di kalangan yang tidak menggunakan media sosial.

“Di pemilih yang mempunyai media sosial, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 49,5 persen,” ungkap Adjie, Jumat (2/2/2024).

Baca juga : Cuaca Tangerang Hari Ini Hujan Atau Panas? Ini Kata BMKG Untuk Minggu 28 Januari

Sebagai contoh, dalam kalangan pengguna WhatsApp dan Facebook, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sekitar 46,6 persen untuk pengguna WhatsApp dan sekitar 58,7 persen untuk pengguna Facebook. "Dalam pemilih yang aktif di media sosial, pasangan Prabowo-Gibran unggul di semua platform," ungkapnya.

Survei dilakukan pada 16-26 Januari 2024 dengan 1.200 responden dengan menggunakan kuesioner tatap muka di seluruh Indonesia, dan margin of error sebesar 2,9 persen.

Adapun, metode yang digunakan LSI Denny JA yaitu kuantitatif serta memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.