Dark/Light Mode

12 Hari Jelang Pencoblosan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52,1 persen

Sabtu, 3 Februari 2024 08:00 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: TKN Prabowo-Gibran)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: TKN Prabowo-Gibran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Ekskutif Dinamika Survei Indonesia (DSI) teranyar menunjukkan, elektabilitas pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming semakin jauh mengungguli kedua pasangan calon lainnya. Elektabilitas pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu mencapai 52,1 persen. 

Direktur Ekskutif Dinamika Survei Indonesia (DSI), Alvian Septiansyah mengatakan pihaknya melakukan survei pada 15-27 Januari 2024 di 34 provinsi seluruh Indonesia. Survei melibatkan 1.880 responden yang diambil secara acak bertingkat dengan margin error 2,21 persen, dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. 

Baca juga : Makin Moncer Di Jawa Timur, Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 56,2 Persen

"Hasilnya, sebanyak 52,1 persen memilih Prabowo-Gibran. Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD dipilih sebanyak 30,7 persen. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan simpati sebesar 11,3 persen, dan tidak memilih 5,9 persen," kata Alvian dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/2/2024).

Namun, tambah Alvin, dari penelitian ini ditemukan adanya anomali sosial yang terjadi di pemilih muda sebanyak 58,9 persen. Alvian menjelaskan untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang pemerintahan Jokowi. 

Baca juga : Fitnah & Hoaks Makin Meningkat, TKN Prabowo-Gibran Imbau Masyarakat Berhati-hati

"Di mana 72,8 persen responden mengatakan bahwa mereka sebagian besar merasa pesimis terhadap masa depan Indonesia, dan 78,9 persen mengatakan negara ini secara keseluruhan perlu pembenahan lebih lanjut," ungkapnya. 

Di kesempatan sama, pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai unggulnya Prabowo-Gibran karena pengaruh Presiden Jokowi. "Prabowo-Gibran lebih diuntungkan dengan adanya Jokowi sebagai figur yang jadi daya magnet masyarakat," pungkas Bambang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.