Dark/Light Mode

LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Generasi Muda Lampaui 55 Persen

Selasa, 30 Januari 2024 21:23 WIB
Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)
Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, generasi muda berusia di bawah 30 tahun yakni generasi Y atau milenial dan Z, condong memilih paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menjelaskan bahwa angka tersebut bahkan telah melampaui 55 persen. Pada generasi Y yakni warga berusia 30-39 tahun, Prabowo-Gibran meraup dukungan hingga 56,4 persen dan sebesar 58,6 persen pada generasi Z yang kini berusia di bawah 30 tahun.

"Pasangan Prabowo-Gibran paling telak, unggul justru di pemilih generasi milenial ke bawah," kata Adjie, dalam paparannya, Senin (30/1).

Baca juga : LSI Denny JA Paparkan Faktor Prabowo-Gibran Terus Naik dan Bisa Menang 1 Putaran

"Namun kalau kita lihat secara total, Prabowo-Gibran unggul di semua segmen usia, baik yang di bawah 30 tahun atau pemilih lansia," sambungnya.

Adjie memaparkan sejumlah hal yang membuat Prabowo-Gibran dapat menjangkau suara muda. Salah satunya adalah gaya kampanye yang kini lebih terasa humanis.

"Pertama ada faktor Gibran sendiri karena merepresentasikan generasi milenial. Kemudian gaya kampanye Prabowo-Gibran semakin berubah, semakin terlihat humanis, ada yang lebih masuk di kalangan pemilih muda," tutur Adjie.

Baca juga : Survei LSI Denny JA Prabowo Gibran Tembus 50,7 Persen, Nusron Wahid : Bismillah Satu Putaran

Selain unggul di generasi muda, suara untuk Prabowo-Gibran juga tinggi di kalangan pengguna media sosial dengan angka dukungan sebesar 49,5 persen dan masyarakat bukan pengguna sosial media sebanyak 52,8 persen.

"Jadi Prabowo-Gibran unggul di mereka yang punya media sosial, atau yang tidak punya media sosial," terangnya.

LSI Denny JA melakukan risetnya sepanjang 16-26 Januari 2024. Mereka melibatkan 1.200 responden dalam survei tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.