Dark/Light Mode

Tinjau Banjir Grobogan, Ganjar Ajak Pendukung Bantu Korban

Rabu, 7 Februari 2024 20:07 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat meninjau banjir bandang di Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat meninjau banjir bandang di Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor 3 Ganjar Pranowo meninjau lokasi banjir bandang yang menerjang Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). Di lokasi, Ganjar mengajak pemerintah daerah dan pendukungnya memberikan bantuan untuk para korban. 

Ganjar tiba di lokasi banjir pada siang hari saat ketinggian air di lokasi sebetis orang dewasa. Meski begitu, kehadiran Ganjar disambut meriah warga. Ganjar pun langsung mengajak warga sekitar untuk berdialog guna mengetahui kondisi mereka.

“Bagaimana kondisinya, sudah dapat bantuan belum,” tanya Ganjar. 

Baca juga : Ganjar: Di Atas Politik Itu Ada Kemanusiaan

“Sudah ada Pak, tetapi belum merata,” jawab beberapa warga yang berdialog dengan Ganjar.

Menurut Ganjar, kedatangannya ke Grobogan ini usai dirinya mendapatkan informasi ada tanggul yang jebol dan memberikan dampak berupa banjir kepada masyarakat. Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni agar pemerintah segera bertindak cepat menangani para korban yang terdampak dari banjir bandang di Grobogan itu.

“Mudah-mudahan segera ditangani, yang penting reflek pemerintah mesti cepat ditangani dulu kondisi kedaruratannya. Pasti banjir perlu makanannya cukup ya, terus kemudian kalo ada yang basah, sandangnya disiapkan, kalo enggak diungsikan,” ungkap Ganjar.

Baca juga : Debat Terakhir, Ganjar Ingatkan Pentingnya Adab Politik Untuk Jaga Demokrasi

“Tapi rasanya tidak banyak pengungsi, dapur umumnya sudah disiapkan mudah-mudahan responsnya bagus,” imbuh Ganjar.

Selain itu, Ganjar yang pada hari ini dijadwalkan berkampanye menyapa warta Grobogan, bakal mengajak para pendukungnya untuk memberikan bantuan kepada korban yang terdampak banjir bandang.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu berucap agar kejadian banjir bandang tidak lagi terulang maka perlu adanya langkah kongkret yang mesti dilakukan. Misalnya, membereskan wilayah yang gundul hingga memperkokoh bangunan tanggul penahan air di wilayah Grobogan agar ke depannya tidak lagi terjadi.

Baca juga : Bareng Gibran, Relawan Penerus Negeri Bikin Kampanye Kreatif

“Di sisi hulu, mesti kita bereskan daerah yang gundul, perbaikan sungai yang tanggulnya rusak memang harus dilakukan. Ini biasanya BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Brantas) yang akan banyak pekerjaan rumah bekerja. Itu saya kira, hulunya harus diperbaiki,” tutup Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.