Dark/Light Mode

Relawan Persatuan Nasional Siap Kawal Suara 02 Di TPS

Senin, 12 Februari 2024 08:25 WIB
Relawan Persatuan Nasional (RPN) saat berdiskusi di sebuah cafe di Cikini, Jakarta, Minggu (11/2/2024). Foto: Istimewa
Relawan Persatuan Nasional (RPN) saat berdiskusi di sebuah cafe di Cikini, Jakarta, Minggu (11/2/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Relawan Persatuan Nasional (RPN) Muhammad Ikhyar Velayati memastikan barisannya akan mengawal suara Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Dia akan menjaga agar jagoannya itu tidak dicurangi saat pesta demokrasi 14 Februari nanti.

"Kita melihat antusias masyarakat luar biasa. Di daerah, di Gelora Bung Karno (GBK) hampir 1 jutaan. Ini suara yang harus dijaga," kata Ikhyar saat berdiskusi di sebuah cafe di Cikini, Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Relawan yang juga aktivis 98 ini menduga, ada indikasi elite politik yang ingin menggiring opini masyarakat dengan dua putaran Pilpres 2024. Sementara, dia meyakini jagoannya memenangkan kontestasi sekali putaran.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Regional JBB Siagakan Satgas Distribusi BBM dan LPG

"Jadi ini bukan hemat atau tidak, tetapi ini keinginan masyarakat," katanya.

Mantan tahanan politik (tapol) 90an ini berharap setelah Pemilu, kondisi masyarakat tetap kondusif. Tidak ada lagi luka demokrasi seperti yang terjadi di Pilpres 2019, bahkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ikhyar menilai, narasi dua putaran adalah gerakan pra-kondisi membangun narasi Paslon 02 curang. Padahal, dugaan yang dituding, tak pernah terbukti.

"Belum ada satupun yang mereka laporkan ditindak lanjuti ke Bawaslu, Polisi, dan MK. Selama ini hanya ke media, tidak ada tindakan serius untuk membuktikan bahwa ini curang," pungkasnya.

Baca juga : Cegah Kecurangan, Bappilu Demokrat Jakarta Minta Caleg Kawal Suara

Koordinator Nasional Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (Tim 8-RJBBP), Wignyo Prasetyo memastikan pihaknya juga akan mengawal kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Hitungannya, saat ini elektabilitas jagoannya sudah mencapai di atas 50 persen.

"Kita mengajak masyarakat mengawal suara di TPS hingga penghitungan suara, kita ingin memastikan tidak terjadi penggiringan opini, apalagi manipulasi," kata Wignyo.

Aktivis 98 ini mengaku sudah menduga akan ada upaya penciptaan narasi kecurangan Pilpres sekali putaran. Padahal, sekali putaran untuk Prabowo-Gibran murni kehendak masyarakat.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Pasang Animasi Anti KKN Di Times Square

Wignyo yakin, jagoannya akan menang karena memang seluruh indikator sudah terlihat untuk kemenangan Prabowo-Gibran. Dari mulai survei, membludaknya dukungan di berbagai daerah, hingga pemilih silent untuk Paslon 02.

Diketahui, selain Ikhyar dan Wignyo, acara ini juga dihadiri sejumlah aktivis 98 seperti Ketum Relawan Biru Nusantara, Kamaludin Pane, Wakil Ketua DPP RPN Trio Marpaung, Aktivis Lampung Anggi Setiawan, dam Aktivis Sumatera Selatan (Sumsel) Hadi Chandra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.