Dark/Light Mode

Di Kabupaten Flores Timur

PKB Mau Calonkan Anggota DPRD NTT

Senin, 19 Desember 2022 07:50 WIB
Anggota DPRD Provinsi NTT, Ana Waha Kolin. (Foto: Istimewa)
Anggota DPRD Provinsi NTT, Ana Waha Kolin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Flores Timur mulai bekerja menghadapi gelaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai Bintang Sembilan itu akan mengusung anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ana Waha Kolin, sebagai bakal Calon Bupati (Cabup) Flores Timur Periode 2024-2029.

Wacana pencalonan anggota DPRD Provinsi NTT, Ana Waha Kolin, sebagai bakal Cabup Flores Timur Periode 2024-2029, dilontarkan Ketua DPCPKB Kabupaten Flores Timur, Yosep Paron Kabon.

Ia memaparkan sejumlah na­ma kader yang potensial diusung sebagai bakal calon kepala daer­ah, dalam Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) III di Hotel Sunrise Larantuka, Flores, NTT, Sabtu (17/12/2022).

“Ana Waha Kolin, sebagai bakal Cabup Flores Timur Periode 2024-2029,” ujar Yosep dalam kesempatan tersebut.

Baca juga : KAI Kerahkan Ribuan Petugas Amankan Angkutan Nataru

Menanggapi wacana pencalonannya, Ana Waha Kolin menegaskan kesiapannya dalam menjalankan seluruh tugas yang diberikan partai. Bahkan, ia mengaku mendapat penghargaan dan apresiasi, karena Kabupaten Flores Timur (Flotim) belum pernah dipimpin oleh seorang perempuan.

“Sebagai kader, mau tidak mau,suka tidak suka, kita harus terima. Tapi bagi saya ketika seorang kader perempuan ikut dalam haja­tan politik, saya pikir baik saja. Terlebih, Flores Timur belum ada (Bupati perempuan),” ujar Ana kepada wartawan, kemarin.

Selain taat dan patuh terhadap instruksi partai, sambung dia, pengusungannya sebagai bakal Cabup Flotim menjadi kedigdayaan kaum perempuan dalam pusaran budaya patriarki di Bumi Lewotanah.

“Ketika PKB memberi sinyal dan saya didukung oleh masyarakat, itu ruang yang sangat besar,” cetus perempuan kelahi­ran Waibalun 2 Juli 1966 ini.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 14 Desember, Hadir Di Alfamart SPBU Cinangneng

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu bekerja keras untuk memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Kabupaten Flotim. Menurut dia, DPC PKB Kabupaten Flotim menargetkan tujuh kursi DPRD pada gelaran Pileg 2024.

“Sekarang, yang paling penting bagi saya, bagaimana kami memenangkan Pileg 2024. Kami akan melakukan konsolidasi, un­tuk mecapai seluruh target yang telah ditetapkan. Sebab, kontestasi Pilkada 2024 berbanding lurus dengan perolehan kursi Pileg,” jelas dia.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKB Provinsi NTT, Donatus Jo mengatakan, pihaknya sedang melakukan konsolidasi untuk memenangkan pesta demokrasi 2024 mendatang. Selain me­nargetkan kemenangan di Pileg 2024, lanjut dia, PKB juga me­nargetkan kemenangan mutlak di Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pilkada mendatang.

“Secara nasional, kami akan melakukan intervensi dimomen­tum politik Pileg dan Pilpres ini. Sebab, Ketua Umum PKB maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada gelaran Pilpres mendatang,” ujar Donatus.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 13 Desember, Hadir Di Mall Cileungsi

Secara nasional, lanjut dia, PKB menargetkan 100 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), seban­yak 10 kursi DPRD Provinsi NTT, dan sebanyak tujuh kursi DPRD Flores Timur. “Di Kabupaten Flotim, kami targetkan satu dapil satu kursi. Sebab, kemenangan Pileg menjadi ruang strategis untuk memperoleh jabatan ek­sekutif,” tandasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.