Dark/Light Mode

Soal Bakal Cagub DKI Jakarta

Demokrat Mulai Seleksi Nih

Minggu, 25 Juni 2023 07:45 WIB
Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. (Foto: Ist)
Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mulai bersiap menghadapi gelaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Partai berlambang Bintang Mercy itu tengah memperhitungkan sejumlah nama kader, untuk diusung dalam kontestasi demokrasi lima tahunan itu.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pihaknya akan mengedepankan nama-na­ma bakal calon Gubernur Jakarta dari kader internal partai.

Menurutnya, nama-nama kaderyang akan diusung adalahorang yang memiliki latar belakang sebagai kepala daerah di daerah lain, hingga anggotaDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Rayakan HUT DKI Jakarta, Naik LRT Dan MRT Jakarta Cuma Rp 1

“Di antaranya, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak; Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR, Dede Yusuf dan Didik Mukrianto; serta eks Bupati Karawang, Celica. Semua masuk dalam radar,” ujar Herzaky saat dihubungi di Jakarta, kemarin.

Selain dinilai partai mampu bersaing di kontestasi Pilkada DKI Jakarta, sambung dia, nama-nama yang dijaring DPP Partai Demokrat juga didasarkan pada aspirasi warga Jakarta. “Banyak juga aspirasi warga Jakarta yang menyebutkan nama-nama di atas,” cetusnya.

Namun begitu, lanjut dia, pihaknya tak akan memutuskan nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta dalam waktu dekat. Sebab, Partai Demokrat masih fokus untuk menghadapi dan memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg), serta masih mengamati perkembangan koalisi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : BMKG: Prakiraan Cuaca Untuk DKI Jakarta, Besok, Jumat 16 Juni 2023

“Kami fokus di Pileg dan Pilpres lebih dahulu, sebelum melangkah lebih jauh di Pilkada DKI Jakarta. Game changer-nya di situ,” tegas Herzaky.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina mengatakan, pihaknya telah melakukan voting platform “Rembuk Rakyat Jakarta” soal bakal Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Periode 2024-2029. Menurutnya, voting yang di­lakukan partainya berlangsung sejak 17 Mei 2023 sampai 22 Juni 2023.

“Total jumlah partisipan sebanyak 11.160 voters. Ini merupakan gambaran aspirasi dan preferensi warga DKI Jakarta terkait calon pemimpin mereka di Tahun 2024,” ujar Elva.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Untuk DKI Jakarta, Besok, Rabu 14 Juni 2023, BMKG: Waspada Hujan Petir

Dalam voting itu, jelas dia,Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapatkan voting terbanyak, yakni 26,13 persen. Di peringkat kedua, lanjutnya, ada nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dengan perolehan 16,77 persen.

“Ketiga, ada sosok Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dengan perolehan voting sebesar 15,78 persen. Ketiga sosok di atas akan diserahkan ke DPP PSI, sebagai pertimbangan dalam memberikan dukungan di Pilkada DKI,” kata Elva. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.