Dark/Light Mode

Kalah Di Pilkada Kabupaten Bogor 2018

PAN Bakal Kembali Koalisi Sama Golkar

Senin, 31 Juli 2023 07:45 WIB
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Bogor. (Foto: Ist)
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Bogor. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Bogor, akan masuk barisan pengusung Ade Ruhandi alias Jaro Ade, di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor 2024. Keputusan tersebut telah sesuai mekanisme internal partai.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor, Arif Abdi mengatakan, pihaknya sudah mengantongi dua nama bakal calon untuk Pilkada Kabupaten Bogor. Se­lain dirinya, ungkap Arif, DPD PAN Kabupaten Bogor telah memutuskan untuk mengusung politisi Partai Golkar, Jaro Ade.

“Saya bisa sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati Bogor. Sedang­kan calon ekternal, kami memu­tuskan Jaro Ade, sebagai Bakal Calon Bupati Bogor. Sebab, calon eksternal lainnya, Usep Supratman sudah wafat,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Menurut dia, bila PAN mengu­sung Jaro Ade di Pilkada Kabu­paten Bogor 2024, hal itu akan menjadi kali kedua PAN berkoalisi dengan Partai Golkar. Kerenanya, harap dia, tidak ada kendala teknis maupun non teknis dalam usaha memenangkan Pilkada mendatang.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 29 Juli, Hadir Di Pos Laka Cibinong

“Kami mengenal baik sosok Jaro Ade. Sebab, Pilkada Kabu­paten Bogor 2018, kami juga mengusung beliau. Pengusungan Jaro ade merupakan usulan dari bawah, baik kader maupun pengurus PAN yang ada di 40 kecamatan,” jelas anggota De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor ini.

Lebih lanjut, Arif memastikan, pihaknya akan terus bersinergi dengan Partai Golkar. Namun, DPD PAN Kabupaten Bogor juga tidak menutup ruang koalisi dengan partai lain.

“Sebelum bicara lebih jauh soal Pilkada, saya menegaskan, fokus utama kami saat ini adalah memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pil­pres) 2024. Kami menargetkan 9 kursi DPRD Kabupaten Bogor, menaikkan elektabilitas, agar la­yak mengusung pasangan Cabup-Cawabup Bogor,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bogor, Permadi Dalung berharap, komunikasi dan koalisi dengan DPD Partai Golkar tetap berlangsung dalam Pileg dan Pilpres mendatang. “Kalau sudah diikat dalam koalisi, saat kampanye dan sosialisasi kita bisa saling mendukung, karena sudah memiliki pemahaman yang sama,” ujarnya.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 28 Juli, Hadir Di Ramayana Parung

Secara terpisah, Jaro Ade mengapresiasi jajaran DPD PAN Kabupaten Bogor yang konsisten menindak lanjuti hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) partai berlogo Matahari itu.

“Saya berterima kasih, dan mengapresiasi mekanisme yang sudah dilaksanakan oleh DPD PAN Kabupaten Bogor dalam pengusungan Cabup dan Cawa­bup Bogor,” ujarnya.

Ade mengaku akan mencari waktu dan menghubungi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor, Wawan Hikal Kurdi, agar bisa bertemu dan berdiskusi dengan Ketua maupun pimpinan DPD PAN Kabupaten Bogor.

“Kami akan menyamakan per­sepsi Partai Golkar dengan PAN di Pileg, Pilpres, hingga Pilkada. Semoga ada waktu untuk ngo­brol santai antara pimpinan Partai Golkar dan PAN untuk tingkat Kabupaten Bogor. Kami juga masih terbuka dengan partai politik lain seperti PDI Perjuangan, Partai Ha­nura, dan lainnya,” tutupnya.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 27 Juli, Hadir Di Terminal Leuwiliang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 31/7/2023 dengan judul Kalah Di Pilkada Kabupaten Bogor 2018, PAN Bakal Kembali Koalisi Sama Golkar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.