Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenpora Gelar Kejuaraan Paragliding Di Batam

Senin, 29 Nopember 2021 19:50 WIB
Ajang kejuaraan paragliding Trip of Indonesia (TROI) di Bukit Sembulang, Batam, Kepulauan Riau. (Foto : Kemenpora)
Ajang kejuaraan paragliding Trip of Indonesia (TROI) di Bukit Sembulang, Batam, Kepulauan Riau. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora ) menggelar kejuaraan paragliding Trip of Indonesia (TROI) di Bukit Sembulang, Batam, Kepulauan Riau. Bukit ini disebut salah satu yang terbaik untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga. 

“Ini salah satu lokasi paralayang terbaik yang dimiliki Indonesia, karena dengan sudutnya yang 360 derajat, sehingga memungkinkan untuk bisa lepas landas dari berbagai sisi,” kata Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Maifrizon, Senin (29/11). 

Maifrizon mengatakan, kejuaraan paragliding di Batam diselenggarakan pada 26-28 November 2021. Kegiatan ini diikuti 150 peserta baik dari perorangan, maupun berbagai komunitas paragliding seluruh Indonesia.

Berita Terkait : IKA Trisakti Gelar Rapat Kerja, Bahas Peran Alumni Bangun Almamater

“Indonesia terkenal dengan akan keindahan alamnya. Lokasi ini sangat menarik dan sangat baik. Kemenpora akan terus berusaha hadir ditengah masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan petualangan dan tantangan,” sebut Maifrizon. 

Ketua Paragliding Trip of Indonesia, Wahyu Yudha mengatakan, kegiatan paragliding TROI bertujuan untuk mengembangkan kembali potensi olahraga pariwisata di berbagai daerah Indonesia.

“Kami beritikad mengembangkan olahraga pariwisata khususnya paralayang di seluruh wilayah Indonesia. Batam merupakan lokasi pertama di Kepulauan Riau yang kami pilih, ini  merupakan destinasi baru untuk paralayang yang kita harapkan dapat berkembang kedepannya. Tidak hanya untuk prestasi tapi juga untuk rekreasi,” jelasnya.

Berita Terkait : Hari Ini, Polda Metro Gelar SIM Keliling Di 4 Lokasi

”Kami berharap acara ini dapat berkontribusi menjadikan dan mengembangkan olahraga pariwisata, khususnya paralayang sebagai olahraga unggulan di Batam dan Kepulauan Riau,” sambung Wahyu. 

Paragliding TROI kali juga terasa istimewa karena turut dimeriahkan dengan kegiatan Pelangi Nusantara 2021 Batam Second Floor Fest yang digelar oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim Batam berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Batam. 

Kegiatan ini menyajikan berbagai acara seperti fun fly, lomba foto, lomba layang-layang, bakti sosial, penanaman pohon, dan drone exhibition serta peresmian Pusat Aero Sport Batam di Bukit Sembulang.

Berita Terkait : Menpora Minta Kepala Daerah Sosialisasikan DBON Di Wilayahnya

Paragliding TROI di Bukit Sembulang menjadi rangkaian penutup dari dua seri paragliding TROI sebelumnya yang telah di gelar di Sumedang, Jawa Barat dan Alor, Nusa Tenggara Timur. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. [IPL]