Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Minta Kepala Daerah Sosialisasikan DBON Di Wilayahnya

Senin, 29 November 2021 07:22 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (ketiga kiri) bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) saat sosialisasi DBON. (Foto : Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (ketiga kiri) bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) saat sosialisasi DBON. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali meminta kepada para kepala daerah baik itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk ikut mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), teutama di masing-masing internal jajarannya.

“Kita baru saja melakukan pembukaan sosialisasi Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Kita harapkan peserta yang terdiri dari teman-teman dari Provinsi, Kabupaten, Kota yang hadir bisa segera mengetahui tentang Perpres 86 dan bisa mensosialisasikan di lingkungan internalnya dulu. Ini kita masih dalam rangka mensosialisasikan kebijakan, kita belum bicara tentang implementasi,” kata Menpora Amali usai melakukan sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (28/11).

Menpora Amali menjelaskan, untuk tingkat pusat DBON ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin, sementara Menpora sebagai pelaksana harian. “Untuk tingkat provinsi itu ketuanya Gubernur, kabupaten Bupati dan kota termasuk Surakarta langsung dipimpin oleh Wali Kota,” jelasnya.

Baca juga : Trimed Minta Jaksa Agung Prioritaskan 4 Kasus Pelanggaran HAM Berat

Selain bekerjasama dengan perguruan tinggi, Menpora Amali juga mengungkapka pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam melakukan sosialisasi DBON.

“Karena kita mengejar waktu, target kita jelas, Olimpiade dan Paralimpiade, Olimpiade Paris 2024 sudah sangat dekat. Jangan dianggap itu masih jauh, maka target harus tercapai, sehingga persiapan-persiapan kita disana harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaika terimakasih dan apresiasi kepada Menpora Amali atas arahan-arahannya dalam memajukan olahraga khususnya di Surakarta. Gibran menegaskan mendukung penuh kebijakan Menpora termasuk DBON.

Baca juga : Mensos Salurkan Bantuan ATENSI Kepada 382 Penerima Manfaat Di Palangkaraya

“Terimakasih arahannya tadi. Kita mendukung penuh arahan-arahan dari pak menteri, semua programnya, Solo siap menjaid salah satu destinasi untuk wisata olahraga atau sport tourism, karena Solo ini kota kecil tapi kota yang sangat lengkap untuk olahraga,” ujar Gibran.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Joni Hari Sumantri menilai adanya DBON ini menjadi momentum untuk mengubah paradigm dalam pembinaan olahraga di Tanah Air. Sebab, menurutnya, dalam pembangunan olahraga bukan hanya kebugaran atlet mulai dari usia dini tapi juga harus membudayakan menjadi sebuah perilaku.

“DBON ini juga mengakomodir tingakat kebugaran masyarakat dan yang tak kalah penting adalah keberpihakan pada para atlet berprestasi dan pasca berprestasi karena atlet adalah patriot,” tukasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.