Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Mundur Dari Kejuaraan Dunia

Atlet Kecewa, Tapi Kesehatan Lebih Utama

Kamis, 9 Desember 2021 16:01 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan dan Mohamad Ahsan. (Foto : PBSI)
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan dan Mohamad Ahsan. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebulutangkis Indonesia menyayangkan keputusan PP PBSI yang mundur dari keikutsertaannya pada Kejuaraan Dunia 2021. Namun, mereka memahami kesehatan dan keselamatan diri jauh lebih penting.

"Kalau saya sendiri sih sayang ya, soalnya kan ini Kejuaraan Dunia. Tetapi melihat kondisi memang keputusan yang diambil sudah melalui pertimbangan yang matang. Ditambah kemarin Ahsan sempat cedera angkle. Belum tahu seberapa parah dan butuh berapa lama recovery-nya," kata Hendra Setiawan.

Hendra Setiawan memeng ngebet ikut turnamen. Sebagai juara bertahan bersama Mohammad Ahsan, dia ingin menambah prestasi dengan mengincar gelar juara dunia untuk keempat kalinya setelah 2013, 2015, dan 2019 itu.

"Apalagi, penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron yang tidak menentu juga harus dipertimbangkan,' tambahnya.

Baca juga : Di Hari Kedua, Sahabat Ganjar Salurkan Bantuan Ke Balai Desa Penanggal Lumajang

Sementara menurut Jonatan Christie, meskipun keputusan ini memang mendadak dan dirinya tengah mempersiapkan diri dengan baik, melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah negara Eropa harus mendapat perhatian serius.

Keputusan yang diambil pengurus induk organisasi bulutangkis Indonesia, dinilainya juga sudah tepat.

Apalagi, semua itu juga sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo saat bertemu di Nusa Dua, Bali, lalu. Presiden berpesan agar pemain ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan dari pandemi.

"Kami sebenarnya sedang dalam persiapan, tapi memang meningkatnya kasus baru Covid-19 ini baru terjadi beberapa hari belakangan. Jadi menurut saya ini keputusan yang tepat karena setahu saya varian baru ini menyebar sangat cepat bahkan orang yang sudah ada antibodinya pun bisa terpapar," ujar Jojo.

Baca juga : PDI Perjuangan Di Puncak Klasemen, PSI Stabil

Rekannya sesama pemain tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting pun menyebut, dirinya secara teknis sebenarnya juga siap untuk turun bertanding ke Kejuaraan Dunia. Tetapi ada faktor nonteknis yang harus dipertimbangkan yaitu menyangkut adanya lonjakan kasus Covid-19 di Eropa. 

Dikatakan oleh peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, persoalan keselamatan dan kesehatan pemain ini juga sudah menjadi kepedulian pelatih, pengurus, dan Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna. 

"Dari diskusi dengan pemain lain dan pelatih, kami melihat risiko seperti yang terjadi di All England lalu bisa terjadi lagi," ujar Ginting.

Meski begitu, Ginting melihat tetap ada nilai positifnya dengan pengunduran diri ini. "Kami punya waktu untuk istirahat setelah dihajar rentetan turnamen kemarin. Dan menatap tahun 2022 dengan lebih baik lagi karena tahun depan juga masih banyak turnamen-turnamen penting," sebut Ginting.

Baca juga : Indonesia Jadi Ketua G20, Dubes Jepang Ngasih Selamat

Sementara Muhammad Rian Ardianto pun bersikap realitis. Pemain ganda putra ini  menyebut apapun situasinya, kesehatan tetap lebih utama.

"Melihat situasi dan kondisi di Eropa sekarang, Covid sudah mulai naik lagi, dan juga melihat banyak pemain Indonesia yang ragu mau berangkat. Jadi kita lebih baik istirahat dulu, karena kesehatan itu nomor satu," kata Rian.

Pemain lain seperti Melati Daeva Oktavianti pun mengaku, kesehatan tetap menjadi prioritas. Dia memilih menarik diri juga karena menghindari risiko terpapar Covid-19.

"Saya melihat perkembangan dan situasi terkini, lalu mendengar arahan dan diskusi dari para pelatih, keputusan ini mungkin memang terbaik. Semuanya untuk menghindari resiko terpapar. Kesehatan tim paling utama," ujar Meli, sapaan karib pemain ganda campuran ini. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.