Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Polmatrix Indonesia

PDI Perjuangan Di Puncak Klasemen, PSI Stabil

Minggu, 5 Desember 2021 12:04 WIB
Hasil survei elektabilitas Partai Politik Polmatrix Indonesia. (Foto: Ist)
Hasil survei elektabilitas Partai Politik Polmatrix Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan unggul pada peringkat pertama. Sementara itu Partai Golkar terdegradasi ke papan tengah dan disalip oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Sedangkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) stabil.

"Anjlok ke papan tengah, Golkar tersalip oleh Nasdem, sementara PDI Perjuangan tetap unggul dan PSI stabil,” ungkap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam press release di Jakarta, Minggu (5/12).

Menurut Dendik, Golkar hanya meraih elektabilitas 4,7 persen, padahal biasanya berkisar 8-9 persen dan berada pada peringkat ketiga. Sebaliknya dengan Nasdem, bergerak naik dari kisaran 3-4 persen menjadi 5,0 persen.

"Pendekatan Surya Paloh terhadap Anies Baswedan sebagai salah satu capres terkuat turut mengerek kenaikan elektabilitas Nasdem," lanjut Dendik.

Baca juga : Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Di Singapura

Posisi pertama tetap diduduki oleh PDI Perjuangan, tetapi dengan tren elektabilitas cenderung turun. Kini Partai Banteng Moncong Putih ini meraih 15,8 persen. Berikutnya Gerindra (11,0 persen), PKB (9,4 persen), dan Demokrat (9,0 persen).

"Dengan melihat dukungan partai terhadap figur-figur capres, setidaknya terdapat dua poros utama yaitu PDI Perjuangan-Gerindra (Megawati-Prabowo) dan Nasdem (Surya Paloh)," tandas Dendik.

Partai-partai tersebut memiliki elektabilitas tinggi dan mendukung capres yang kuat pula. PDI Perjuangan memiliki paling banyak stok capres, dari Ganjar Pranowo, Puan Maharani, hingga Tri Rismaharini.

Selain Prabowo, Gerindra juga memiliki figur Sandiaga Uno yang juga cukup tinggi elektabilitasnya. Sedangkan figur Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat belum cukup kuat. Begitu pula dengan Airlangga dari Golkar yang masih rendah elektabilitasnya.

Baca juga : Persita Vs Persik Kediri, Agar Konsisten Di Papan Tengah

Partai-partai lain banyak yang tidak memiliki figur capres atau belum mengarahkan dukungan. Pada papan tengah, PSI yang sebelumnya naik dari kisaran 4 persen, stabil pada elektabilitas 5,2 persen.

Lalu ada PKS (5,7 persen), PPP (2,5 persen), Ummat (1,5 persen), PAN (1,2 persen), dan Gelora (1,0 persen). Di papan bawah terdapat Perindo (0,7 persen), Berkarya (0,6 persen), Hanura (0,4 persen), PBB (0,3 persen), PKPI (0,2 persen), dan Garuda (0,1 persen).

Masyumi Reborn nihil dukungan, sedangkan partai-partai lainnya 0,6 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 25,1 persen.

"Jika pemilu kembali berjalan serentak antara Pilpres dan Pileg, sosok capres-cawapres berpeluang mengerek suara partai pengusungnya," pungkas Dendik sembari menyatakan, ini tantangan bagi partai-partai untuk menentukan dukungan dalam bursa capres.

Baca juga : Bekuk Persipura, The Guardian Kokoh Di Puncak Klasemen

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 21-30 November 2021 kepada 2.000 responden mewakili 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) dengan margin of error survei sebesar ±2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.