Dark/Light Mode

Indonesia Wushu All Games 2021

Jatim Rebut Piala Menpora, Airlangga Sukses Bangkitkan Wushu

Sabtu, 11 Desember 2021 22:18 WIB
Manajer Tim Wushu Jawa Timur, Probo Muljono mangangkat Piala Menpora yang diserahkan Deputi IV Kemenpora, Chandra Bhakti. (Foto: Pengprov WI DKI Jakarta)
Manajer Tim Wushu Jawa Timur, Probo Muljono mangangkat Piala Menpora yang diserahkan Deputi IV Kemenpora, Chandra Bhakti. (Foto: Pengprov WI DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Adapun di Kejuaraan Open Wushu Kungfu Wingchun yang memperebutkan Piala Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto, Rajawali Sakti Pluit Jakarta menjadi yang terbaik setelah mengoleksi 9 emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Runner up dan peringkat kedua dipersembahkan Inti Bayangan Jakarta dengan raihan 8 emas, 3 perak, 2 perunggu dan Rajawali Sakti Kepala Gading Jakarta dengan raihan 5 emas, 2 perunggu. 

Sementara kategori Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior yang memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta, juara umumnya adalah DKI Jakarta dengan koleksi 10 emas, 5 perak, 3 perunggu. Untuk runner up disabet Jatim dengan 3 emas, 3 perak dan 2 perunggu dan peringkat ketiga didudukui Wushu Kabupaten Bogor dengan koleksi 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Baca juga : DKI Sabet 6 Emas, Jatim Tambah 5 Emas

Ketua Pengprov Wushu DKI Jakarta Gunawan Tjokro mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih telah dipercaya PB WI sebagai tuan rumah kejuaraan kali ini.

Gunawan Tjokro berharap  event event lain yang akan dilakukan di provinsi lain kedepan  akan lebih baik lagi dari apa yang kami lakukan sekarang," kata Gunawan.

Gunawan juga menyebutkan akan sulit untuk mengembangkan suatu organisasi tanpa ada nya kerjasama antara semua stakeholder atau pemangku kepentingan di dalamnya.

Baca juga : Jatim Pimpin Final Stage, DKI Dominasi Taolu Senior

Sekjen PB WI Ngatino bercerita, kejuaraan kali ini dinilai dadakan. Pihaknya menunjuk DKI Jakarta sebagai tuan rumah dalam waktu tiga bulan sebelum acara digelar.

"Panitia menunjuk DKI selaku tuan rumah saat PON Papua dan hanya waktu yang tidak lebih dari tiga bulan, ternyata DKI siap melakukannya," ungkap Ngatino.

Ketua Pengprov WI DKI Gunawan Tjokro, bahwa harus ada sense of belonging atau rasa kepemilikan dari para stakeholder.

Baca juga : Gagal Juara, Intanon: Final Yang Luar Biasa

"Sejak ada Pak Airlangga, dengan ketokohan beliau, dan hadirnya Pak Manila sebagai bapak wushu Indinesia, semua sudah memberikan hasil konkret dengan pembinaan untuk kemajuan wushu Indonesia," ungkapnya.

Chandra juga berharap sepuluh tahun ke depan wushu bisa jadi salah satu olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade.

"Hari ini membuktikan bahwa atlet kita akan memberikan kontribusi emas Olimpiade. Kami juga berharap wushu punya TC tersendiri, mungkin Kemenpora akan berbagi fasilitasi," ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.