Dark/Light Mode

Piala AFF 2020

Top Markotop, Timnas Indonesia Obok-obok Gawang Laos 5-1

Minggu, 12 Desember 2021 18:32 WIB
Selebrasi Evan Dimas Cs menang 5-1 atas Laos dalam lanjutan Piala AFF Grup B, Minggu (12/12). (Foto : PSSI)
Selebrasi Evan Dimas Cs menang 5-1 atas Laos dalam lanjutan Piala AFF Grup B, Minggu (12/12). (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia kembali memetik kemenangan. Menghadapi Timnas Laos dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura pada Minggu (12/12) sore, tim asuhan Shin Tae-yong menang telak 5-1 atas Laos.

Lima gol Indonesia dipersembahkan oleh Asnawi menit ke-23, Irfan Jaya (35), Witan Sulaeman ( 56  ),  Ezra Wailan, (76) dan Evan Dimas (84). Sedangkan gol balasan Laos diciptakan oleh Kydavone menit ke-41.

Pada pertandingan ini pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi pemain dengan menurunkan pemain-pemain mudanya.Sekitar 70 persen pemain baru diturunkan untuk menghadapi Laos.

Coach STY di atas kertas memainkan formasi 4-3-3. Formasi ini berbeda dengan yang diterapkan di laga pertama melawan Kamboja yakni 4-1-4-1

Dia mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Enrando Ari Sutaryadi. Pos bek kanan masih ditempati Asnawi Mangkualam. Sementara duo palang pintu ditempati oleh Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho.

Sementara itu, pos bek kiri ditempati oleh Edo Febriansyah. Bek asal klub Persita Tangerang itu menggantikan Pratama Arhan yang mengalami cedera di laga pertama. 

Sementara lini tengah, STY mengandalkan Rachmat Irianto, Evan Dimas dan Ricky Kambuaya. Rachmat Irianto diharapkan bermain apik seperti saat jumpa Kamboja di laga perdana.

Baca juga : Lawan Laos, Shin Tae-yong Yakin Kekuatan Timnas

Selain Irfan Jaya di lini depan mengandalkan duo pemain Arema FC Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo.

Indonesia langsung tancap gas di menit-menit awal. Dengan mengandalkan kecepatan para pemain sayap menjadi andalan skuad asuhan Shin Tae-yong untuk melakukan penetrasi serangan. Tapi sayang kesalahan mendasar sering terjadi, misalnya salah dalam memberikan umpan. 

Indonesia membuka keunggulan pada pertandingan ini melalui titik putih. Hadiah diberikan wasit setelah Alfrean Dewangga dilanggar oleh pemain Laos nomor punggung 9, Kydavone.

Asnawi dipercaya menjadi algojo. Tendangannya ke sisi kiri gawang Laos berhasil membawa Indonesia unggul dengan skor 1-0 pada menit 23. Unggul satu gol, Indonesia masih menerapkan permainan dengan dominasi penguasaan bola. 

Mereka tak mau membiarkan Laos bisa keluar dari tekanan. Laos tak tinggal diam begitu saja. Ketika berhasil mencuri bola, serangan balik cepat mereka lakukan. Dan itu bisa menghasilkan peluang ke gawang Indonesia. 

Gol kedua Indonesia kembali hadir pada menit 35. Umpan silang yang dilepaskan oleh Asnawi berhasil diteruskan dengan baik oleh Irfan Jaya yang berada di dalam kotak penalti.

Tapi sayang keasyikan menyerang Indonesia mendapat pelajaran. Skema serangan balik cepat dari Laos memberi hasil positif pada menit 41.

Baca juga : Fisik Dan Pertahanan Skuad Garuda Jadi Fokus Evaluasi STY

Kydavone Souvanny melepaskan tendangan yang membuat bola sulit dijangkau oleh kiper Indonesia, Ernando Ari. 

Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai babak pertama usai. Statistik mencatat penguasaan bola Skuad Garuda mencapai 75 persen.

Memasuki babak kedua pelatih Shin Tae-yong memasukkan Elkan Baggot menggantikan Rahmad Irianto dan Sutan Sulaeman.

Kedua pemain itu memberikan dampak yang sangat positif, terutama Witan yang membantu lini serang.

Alhasil, laga babak kedua baru berjalan 11 menit, Witan langsung mampu mencatakan namanya di papan skor. Tak lama kemudian Ezra Walian dimasukkan.

Ezra pun senasib dengan Witan, baru masuk langsung mencetak gol. Ezra tepatnya mencetak gol di menit 77 memanfaatkan umpan terobosan dari Witan.

Tak puas dengan keunggulan 4-1, Timnas Indonesia terus menyerang. Gol pun lagi-lagi tercipta. Kali ini giliran Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus yang terakhir di laga tersebut. Skor  5-1 untuk kemenangan Indonesia. [WUR]

Baca juga : Mantap, Skuad Garuda Sikat Kamboja 4-2

Susunan Pemain

Laos XI (5-4-1): Keo Souvanasangsgo; Mitsada Saitafa, Thipphachanh, Inthavong, Kaharn Phetsivilay, Leungleuang, Keophouvong, Pouttasay Kouchalern, Phatthana Phommathep, Bounpachan Boukong, Xeedee Phomsavanh, Billy Katkeophomphone, Kydavone Souvanny

Pelatih: V. Selvaraj

Indonesia XI (4-3-3): Ernando Ari; Edo Febriansah, Rizky Ridho, Evan Dimas, Kushedya Hari Yudo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Alfeandra Dewangga

Pelatih: Shin Tae-yong. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.