Dark/Light Mode

Piala AFF 2020

Lawan Vietnam, Skuad Garuda Bakal Tampil Beda

Selasa, 14 Desember 2021 19:52 WIB
Para pemain timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, berjanji timnya akan tampil beda saat menghadapi Vietnam di penyisihan  Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12) pukul 19.30 WIB. 

Vietnam merupakan lawan terberat di grup B di Piala AFF 2020. Pada pertandingan terakhir Vietnam menang telak 3-0 atas Malaysia.

Hasil itu membuat tim merah putih harus waspada. Meskipun Timnas Indonesia tampil apik di dua laga awal dengan meraih kemenangan.

Sebelumnya, kemenangan pertama saat melawan Kamboja dengan skor 4-2. Pada pertandingan kedua tim asuhan Shin Tae-yong melibas Laos 5-1

Shin Tae-yong mengatakan melawan Vietnam jauh lebih berat. Menurutnya Vietnam beda jauh dengan Kamboja dan Laos. Vietnam memiliki banyak kelebihan dibandingkan Kamboja dan Laos.

Baca juga : Piala AFF 2020, Skuad Garuda Pelajari Kelemahan Vietnam

Tidak heran bila Shin Tae-yong tidak mau terlalu kaku mengincar gol di menit tertentu saat melawan Vietnam.

Menurutnya naik turun performa pemain dalam suatu laga adalah hal yang wajar tergantung siapa lawannya. 

 “Berdasarkan lawan, taktik kami akan berbeda. Waktu kami mencetak gol di dua pertandingan sebelumnya, semuanya berbeda,” ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (15/12).

"Tergantung lawan untuk gaya bermain kami akan berbeda,” lanjut pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Tentang skuad yang diturunkan Shin Tae-yong mengatakan kemungkinan akan menurunkan line up yang berbeda. Apalagi melihat Vietnam yang memiliki karakter dengan mengandalkan permainan cepat.

Baca juga : Usai Hajar Laos, Timnas Langsung Fokus Hadapi Vietnam Dan Malaysia

Menurutnya, semua pemain dalam kondisi siap tempur, kemungkinan hanya Elkan Baggot dan Egy Maulana Vikri yang tidak bisa turun.

Elkan harus mengikuti aturan negara setempat yakni melakukan karantina. Sedangkan Egy Maulana Vikri karena sang klub, FK Senica, masih membutuhkan jasa pemain 21 tahun itu hingga 18 Desember 2021.

Artinya saat menghadapi Malaysia pada 19 Desember 2021, kemungkinan Egy sudah bisa turun.

Tanpa Egy Maulana Vikri disebut Shin Tae-yong dapat berdampak terhadap serangan Indonesia saat berjumpa Vietnam. Maklum, pilihannya di lini depan untuk pertandingan tersebut sedikit berkurang. 

“Egy belum sampai di Singapura. Jadi kami sedikit kurang kuat lini serang. Jadi lagi coba agar Egy cepat datang. Mungkin laga lawan Malaysia bisa bermain,” kata Shin Tae-yong.

Baca juga : Piala Asia Wanita, PSSI Genjot Fisik Skuad Garuda Pertiwi

Indonesia dan Vietnam sama-sama sedang dalam performa terbaiknya. Dua kemenangan mereka dapatkan selama bertanding di Grup B Piala AFF 2020.

Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dan 5-1 ketika menghadapi Laos. Sedangkan Vietnam berhasil mengalahkan Laos dengan kedudukan 2-0, dan unggul tiga gol tanpa balas.Terakhir mengalahkan Malaysia 3-0.

Indonesia sementara yang memimpin klasemen Grup B dengan koleksi enam poin. Skuad Garuda unggul selisih gol ketimbang Vietnam yang ada di urutan kedua. Enam poin juga menjadi raihan Malaysia yang ada di urutan ketiga.

Tapi mereka sudah memainkan tiga pertandingan sejauh ini. Karena itulah, pemenang Indonesia vs Vietnam akan membuka peluang lebih besar ke babak selanjutnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.