Dark/Light Mode

Indonesia Vs Malaysia, Derby Melayu

Minggu, 19 Desember 2021 06:37 WIB
Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

 Sebelumnya 
Di tempat terpisah, pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott sudah bergabung bersama skuad Garuda di Hotel Orchard, Singapura kemarin siang. Dia telah selesai menjalani karantina di sebuah hotel di Singapura.

Seperti diketahui, Elkan harus dikarantina karena saat terbang dari London ke Singapura pada Selasa (7/12) ada penumpang yang positif Covid-19 varian Omicron. Pemerintah Singapura kemudian mengirimkan surat tersebut pada Senin (13/12).

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Kental Aroma Ginseng

“Alhamdulillah Elkan Baggott hari ini selesai karantina dan sore nanti sudah bisa ikut latihan dengan tim. Terima kasih kepada Dubes RI di Singapura (Suryopratomo) yang telah membantu PSSI terkait masalah ini,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Kami berharap dengan kembalinya Elkan akan menambah kekuatan Timnas Indonesia jelang melawan Malaysia. PSSI berharap Timnas meraih kemenangan atas Malaysia dan lolos ke babak semi final Piala AFF 2020. Selama di Singapura, setiap hari saya berkomunikasi dengan Direktur Teknik (Indra Sjafri) untuk memantau perkem­bangan tim,” katanya.

Baca juga : Nestle Indonesia Relokasi Kantor Pusat

Meski menjalani karantina, Elkan tetap bisa berlatih mandiri. Pemerintah Singapura membolehkan alat-alat gym dibawa ke kamar. Selain itu, makanan bisa diatur dan sediakan sendiri kalau tidak cocok menu yang disediakan di hotel karantina.

Berdasarkan statistik pertemuan di Piala AFF, yang dimulai pada 1996 dengan nama Piala Tiger, Indonesia-Malaysia telah delapan kali bertemu. Kedua negara sama-sama meraih empat kemenangan dan empat kekalahan. Pada pertemuan terakhir di Piala Tiger 2012, Indonesia menyerah 1-2.

Baca juga : Ke Indonesia, Bos Keamanan Rusia Mau Sowan Ke Mahfud MD

Namun, jika melihat statistik pertemuan secara menyeluruh, Indonesia telah 96 kali bentrok dengan Malaysia. Pertemuan pertama terjadi pada ajang Piala Merdeka 1957 dimana Indonesia kala itu menang 4-2.

Dari 96 kali menghadapi Malaysia, Tim Garuda sedikit unggul dengan meraih 39 kemenangan, 21 imbang, dan 36 kalah. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.