Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Launching Jurnal, Menpora Harap Para Peneliti Bisa Memajukan Olahraga

Jumat, 31 Desember 2021 08:48 WIB
Menpora Zainudin Amali saat meluncurkan Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), melalui virtual Zoom Meeting, Kamis (30/12). (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat meluncurkan Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), melalui virtual Zoom Meeting, Kamis (30/12). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali meluncurkan Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), melalui virtual Zoom Meeting, Kamis (30/12).

Jurnal yang diinisiasi dan diterbitkan oleh Kemenpora ini diharapkan terus terbit sesuai kalender yang ditetapkan.

Selanjutnya JOPI dapat menjadi media informasi tentang perkembangan dunia olahraga dan juga sebagai wadah yang tepat untuk para peneliti buat kemajuan olahraga di Indonesia.

Baca juga : Menpora Yakin Evan Dimas Cs Bisa Gebuk Thailand

"Kita launching di penghujung tahun 2021, saya pesankan untuk terus terbit sebagaimana yang sudah ditetapkan dua kali dalam satu tahun (April dan September). Ini sebagai media informasi, media wadah penelitian khususnya olahraga pendidikan, demi kemajuan olahraga di tanah air," ucap Menpora Amali saat launching.

"Sebagaimana dalam Perpres No 86 Tahun 2021 tentang DBON, Olahraga Pendidikan merupakan salah satu pilar bahkan pilar utama, karena dari sini didapatkan bibit-bibit talenta untuk menuju pilar selanjutnya Olahraga Prestasi. Dari 250 ribu yang akan tersaring menjadi 150 atlet elit, target minimal adalah dari usia dini, usia-usia Sekolah Dasar tingkat kebugaran akan meningkat," tambahnya.

Demi keberlanjutan JOPI, Menpora berpesan kualitas harus ditetapkan sejak awal dan terus tetap dijaga. Peran Redaksi, Editor, dan para Reviewer menjadi penting untuk bisa selalu menjaga keberlangsungannya.

Baca juga : Pupuk Indonesia Mudahkan Akses Pasar Bagi Petani

"Saya ingatkan biasanya semangat di awal itu luar biasa tetapi terkadang tidak berlangsung terus. JOPI harus terus konsisten dan kontinyu. Pasti banyak yang ingin menampilkan hasil penelitiannya namun ruang terbatas, sehingga perlu seleksi harus dijaga kualitas, bagi yang tidak memenuhi kaidah ilmiah ya tidak perlu dimuat," pesannya.

Terakhir, Menpora menyampaikan komitmen pemerintah bahwa guna keberlangsungan JOPI sudah pasti perlu berbagai fasilitas terutama hal pendanaan. Secara tegas disampaikan bahwa Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga khususnya Asdep Olahraga Pendidikan siap terus mengawal dalam penganggaran.

"Biasanya keberlangsungan sesuatu itu terhambat dengan alasan tidak ada anggaran. JOPI sudah dialokasikan di Deputi 3 Asdep Ordik, tidak boleh menjadi alasan, komitmen pemerintah terus mendukung, karena pentingnya informasi, penelitian, kemajuan IT demi kemajuan olahraga di Indonesia," tutupnya.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Di Ternate, Mendagri Sapa Pelajar Usia 12 Tahun

JOPI merupakan jurnal dari berbagai tulisan penelitian para akademisi dan para guru olahraga yang dapat menjadi rujukan dan panduan para stakeholder. Dan demi menjaga kualitas, Editor maupun Reviewers (Penyeleksi) diisi para pakar akademisi yang mumpuni dibbidang olahraga. 

Seperti Editor di ketuai oleh ME Winarno, Yulingga Nanda Hanief dkk dari Universitas Negeri Malang, dan Reviewers diantaranya Tandiyo Rahayu dari Unnes, Adang Suherman dari UPI, Andi Ikhsan dari Universitas Negeri Makassar, dan dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.