Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Embung Di Jateng, Jokowi Harap Produktivitas Petani Bisa Meningkat

Selasa, 14 Desember 2021 22:30 WIB
Presiden Jokowi resmikan 4 embung di Jawa Tengah,di Kabupaten Purworejo, Embung Pagergunung dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang, pada Selasa (14/12).
Presiden Jokowi resmikan 4 embung di Jawa Tengah,di Kabupaten Purworejo, Embung Pagergunung dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang, pada Selasa (14/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo meresmikan 4 Embung di Jawa Tengah, yakni Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Embung Tlogoguwo di Kabupaten Purworejo, Embung Pagergunung dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang, pada Selasa (14/12). 

Jokowi mengharapkan dengan adanya embung ini produktivitas pertanian bisa lebih baik dan bisa juga air dari embung dimanfaatkan untuk air baku di rumah-rumah serta pariwisata masyarakat. 

Baca juga : Dapat Bantuan Pendidikan Dari BUMN, Kapolri Harap Putra-Putri Polri Jadi SDM Unggul

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Embung Bansari di Kabupaten Temanggung yang dibangun pada tahun 2020 tersebut untuk  mendukung pengembangan lumbung pangan (food estate) hortikultura di kawasan perdesaan yang komoditas utamanya, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. 

"Pengembangan food estate Temanggung ini mirip dengan yang ada di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara dengan menggunakan sprinkler irrigation," kata Basuki. 

Baca juga : Dukung Transisi Energi, Pertamina Perluas Model Bisnis

Sementara Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, PUPR tidak hanya fokus membangun infrastruktur besar, seperti jalan tol dan bendungan, tetapi juga infrastruktur perdesaan seperti embung dan jembatan gantung. 

“Hal ini penting untuk keseimbangan pengembangan wilayah, khususnya kawasan perdesaan. Dengan keberadaan tampungan air, seperti embung, produktivitas kawasan perdesaan diharapkan meningkat karena para petani bisa tetap menanam di musim kering," kata Endra[MFA]  
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.