Dark/Light Mode

Duit Cekak, Presiden Barcelona Kok Malah Lirik Erling Haaland

Rabu, 5 Januari 2022 07:28 WIB
Bintang Erling Haaland. (Foto : AFP)
Bintang Erling Haaland. (Foto : AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski krisis keuangan di internal Barcelona belum berakhir, klub raksasa Spanyol itu belum menyerah melakukan pembenahan klub.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, berjanji akan mendatangkan sejumlah pemain bintang.

Pada bursa musim panas 2021, Barcelona terpaksa melepas sejumlah pemain bintangnya. Mereka gagal memperpanjang kontrak sang megabintang Lionel Messi. Bahkan, Messi yang berstatus bebas transfer pergi secara gratis ke Paris Saint-Germain.

Sementara, Blaugrana hanya mampu mendatangkan pemain gratisan seperti Memphis Depay dan Eric Garcia. Lalu, ada Luuk de Jong yang dipinjam dari Sevilla.

Baca juga : Baru Dikenalkan Barcelona, Torres Malah Kepatil Covid

Komposisi pemain baru musim ini berdampak pada performa mereka di La Liga. Penampilan Barcelona belum konsisten dan gagal menembus babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Setelah pelatih Ronald Koeman dipecat dan digantikan Xavi Hernandez, Barcelona mulai mendatangkan pemain-pemain bintang. Salah satunya membeli Ferran Torres dari Manchester City dengan harga 55 juta euro atau Rp 883 miliar plus bonus 10 juta euro.

Selain itu, Barcelona juga memulangkan sang legenda Dani Alves. Joan Laporta sempat menyinggung soal kemungkinan transfer penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Menurutnya, transfer tersebut bisa saja terjadi. Saat ini Haaland menjadi salah satu pemain yang paling banyak diburu klub-klub top Eropa.

Baca juga : Akademisi Unair: Presidential Threshold Masih Diperlukan!

Striker Norwegia itu memang tampil menawan dan produktif dalam mencetak gol. Kubu Barcelona bahkan sudah bertemu agen sang pemain, Mino Raiola, akhir tahun 2021. Namun, belum ada kesepakatan yang terjalin.

Ditambah lagi kondisi keuangan Barcelona sedang krisis. Laporta mengatakan, klub tengah mematangkan persiapan untuk bursa transfer musim panas 2022.

“Izinkan saya tidak berbicara tentang individu karena itu tidak menguntungkan siapa pun. Kami sedang mempersiapkan bursa transer musim panas. Segalanya mungkin jika dilakukan dengan baik,” ujarnya, saat perkenalan penggawa anyar Los Cules, Ferran Torres, di Camp Nou, Senin (3/1).

Pria berusia 59 tahun itu meyakini Barcelona masih menjadi pilihan bagi pemain-pemain top dunia. “Kami masih menjadi pemain utama di bursa transfer. Semua orang bisa bersiap-siap karena Barca kembali! Kedatangan Ferran menunjukkan itu,” tuturnya.

Baca juga : Dua Kasus Omicron Lokal Terlacak, Pasien Baru Pulang Liburan Dari Bali

Meski begitu, krisis finansial Barcelona belum sepenuhnya tuntas. Dilansir dari ESPN, Barcelona dilaporkan masih memiliki utang kotor 1 miliar euro atau sekitar Rp 16 triliun. Batas pengeluaran kubu Catalan itu di La Liga juga hanya 97 juta euro atau sekitar Rp 1,5 miliar musim ini.

Akibatnya, dana belanja pemain Barcelona menjadi terbatas. Untuk mendatangkan Ferran Torres pun mereka membayar dengan skema cicilan selama empat tahun. Sedangkan harga pasaran Erling Haaland, mengutip data Transfermarkt, mencapai 150 juta euro atau Rp 2,4 triliun. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.