Dark/Light Mode

Keren, Medical Center MotoGP Mandalika Canggih Berstandar Internasional

Kamis, 17 Maret 2022 12:18 WIB
Fasilitas medis canggih berstandar internasional dan perangkat Information Technology (IT) modern. (Foto : infopublik)
Fasilitas medis canggih berstandar internasional dan perangkat Information Technology (IT) modern. (Foto : infopublik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi menunjang kesuksesan MotoGP Mandalika 2022, Medical Center MotoGP Mandalika dilengkapi dengan fasilitas medis canggih berstandar internasional dan perangkat Information Technology (IT) modern.

dr. Eko Widya Nugroho, petugas paramedis di Medical Center MotoGP Mandalika 2022, mengatakan sesuai permintaan dari Dorna Sport MotoGP, Medical Center harus berstandar internasional yang dilengkapai fasilitas yang cukup memadai.

"Medical Center yang ada di sini kemampuanya setara rumah sakit (RS) bestandar internasional, dan didukung oleh dokter yang sudah berpengalaman," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/3).

Baca juga : Jokowi Terima 20 Pembalap MotoGP Mandalika Di Istana, Ada Marc Marquez Juga

Medical Center dibangun dengan teknologi modular, gedung dibangun dengan banyak ruangan, di gedung yang terletak sekitar 100 meter dari race control.

Berbagai ruangan dan fasilitas didalamnya setara dengan rumah sakit seperti, Emergency Medical Service (ruang rawat daruat) atau penanganan pertama pada rider yang kecelakaan di lintasan

Ada pula ruang Burn Victim. Pada seri race di dunia, beberapa kasus kecelakaan berbuntut terbakarnya kendaraan dan rider. Ruangan itu, dikhususkan untuk joki yang alami luka bakar.

Baca juga : MotoGP Mandalika Bakal Aman Dari Teror Covid-19

Selain itu Medical Center juga menyiapkan dua unit helikopter medis, dan dua buah unit ambulans, tiga unit mobil reaksi cepat

Kemudian ada helipad-nya, helikoptes medis itu dikhususkan untuk rider yang mengalami kecelakaan fatal dan harus segera dibawa ke RS, misalnya ke RS Umum Pertamina (RSUP) dan RS Mandalika.

"Ambulans dua unit, setara dengan fasilitas medisnya, layaknya satu ruang Unit Gawat Darurat (UGD) yang dipindahkan ke dalam mobil ambulans," jelas dr Eko.

Baca juga : Resmikan Medical Center PSSI, Menpora Harap Prestasi Sepakbola Terus Meningkat

Lebih lanjut dia menuturkan, sedangkan tenaga medis yang disiapkan sebanyak 167 orang, 250 relawan tenaga medis juga disiapkan di seputaran sirkuit dan luar sirkuit termasuk di bandara.

"Sedangkan di dalam sirkuit ada 23 titik personil medis tanpa dilengkapi ambulans, dan tenaga media di dalam sirkut sudah berstandar internasional sesuai permintaan Dorna, tuturnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.