Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengaspalan Ulang Di Sirkuit Mandalika Rampung Lebih Cepat Dari Target

Sabtu, 12 Maret 2022 11:16 WIB
Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena. (Foto: Ist)
Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea memastikan pengaspalan ulang (resurface) asphalt di area maintrack Sirkuit Mandalika dengan total panjang 1,6 kilometer telah selesai.

Pekerjaan resurfacing dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 5-9 Maret 2022. Penyelesaian tersebut lebih cepat dari yang ditargetkan, yaitu pada 10 Maret 2022.

"Seluruh proses berlangsung lancar dan kami dapat menyelesaikannya lebih awal dari waktu yang dijanjikan," katanya, di Jakarta, Sabtu (12/3).

Baca juga : Waskita Targetkan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Rampung Sebelum Lebaran

Andi Gani menegaskan, kualitas aspal Sirkuit Mandalika merupakan yang terbaik. "Kami merespons keluhan pembalap saat tes pramusim. Secara garis besar kualitas perbaikan aspal sudah sangat maksimal dan siap digunakan untuk gelaran MotoGP pada 18- 20 Maret 2022 mendatang," tuturnya.

Dijelaskannya, pengaspalan ulang dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 kilometer tersebut. Proses pengaspalan ulang terdiri atas tiga lapisan.

Lapisan pertama, ada Wearing Course. Lapisan tersebut terdiri dari Stone Masthic Aspalt yang merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat.

Baca juga : Bahas Penanganan Kasus Bentrok Antar-Prajurit, Andika Minta Cepat Dibereskan

Pada lapisan kedua, kata Andi Gani, ada Asphalt Concrete. Lapisan tersebut memiliki ketebalan dan ridigitas yang cukup untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya.

Sementara pada lapisan ketiga, ada Base Course. Lapisan tersebut merupakan aspal bawah yang berfungsi untuk memperkuat struktur lintasan utama. Lapisan ini menggunakan batuan yang berasal dari Lombok Utara, Lombok Timur, serta Palu.

Tak selesai pada tahap pengaspalan, Andi Gani menjelaskan, dibutuhkan proses perawatan agar pada saat penyelenggaraan MotoGP, Sirkuit Mandalika tetap prima.

Baca juga : Ditjenpas Kemenkumham: Bulan Ini, Angelina Sondakh Keluar Dari Penjara

Pertama, Density Test (tes kepadatan aspal). Pengujian secara tidak langsung dilakukan di laboratorium sementara, pengujian langsung di atas permukaan aspal. Tes ini dilakukan untuk mendapatkan angka properties aspal yang telah terhampar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.