Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sukses Terselenggara , BRI Liga 1 Bukti Indonesia Di Kancah Internasional

Jumat, 1 April 2022 19:25 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso menyalami pelatih terbaik Liga 1, Aji Santoso. (Foto: Dok. Liga 1)
Direktur Utama BRI Sunarso menyalami pelatih terbaik Liga 1, Aji Santoso. (Foto: Dok. Liga 1)

RM.id  Rakyat Merdeka - BRI Liga 1 resmi mengakhiri kompetisi musim 2021-2022 pada Kamis (31/03) dengan menempatkan Bali United sebagai pemenang.

Ajang kompetisi kasta tertinggi sepak bola dalam  negeri ini dapat terselenggara dengan sukses dan mengundang antusiasme masyarakat Indonesia di tengah situasi yang menantang.

Seremoni penutupan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Direktur Utama BRI Sunarso, Ketua Persatuan  Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita. 

Sunarso mengatakan kesiapan seluruh stakeholders membawa gelaran BRI Liga 1 dapat berjalan dengan baik meski dihadapkan berbagai kondisi penuh tantangan, terutama situasi pandemi. 

Baca juga : Ini Pesan Menpora Pada 3 Tim Yang Terdegradasi

Keberhasilan penyelenggaraan BRI Liga 1, kata Sunarso, sekaligus menjadi ajang pembuktian  kepada dunia internasional.

“Kesuksesan ini menjadi bukti kepada dunia internasional bahwa Indonesia mampu menggelar  event besar di tengah pandemi. Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada PSSI, PT. LIB,  Kemenpora, seluruh klub peserta BRI Liga 1, pemain, staf serta para suporter di seluruh Indonesia sehingga kompetisi dapat berjalan lancar,” ujar Sunarso, dalam keterangannya, Jumat (1/4).

Tidak tanggung-tanggung, Sunarso menyebut mulusnya perjalanan gelaran BRI Liga 1 disebut sebagai sejarah baru dalam dunia sepak bola tanah air. Kembalinya kompetisi ini juga menimbulkan multiplier effect yang kuat.

“Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan BRI Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola," ujarnya.

Baca juga : Persija Tanpa 3 Pemain Inti Di Laga Pamungkas

Berjalannya kompetisi BRI Liga 1, menurut Sunarso dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi timnas  Indonesia, di mana timnas Indonesia mampu menembus Final AFF 2021 serta meningkatnya ranking timnas Indonesia di FIFA, dari sebelumnya pada posisi 175 saat ini menjadi ranking 160.

Hadirnya BRI dalam ajang BRI Liga 1 musim 2021-2022 membawa optimisme bagi pelaku industri sepak bola dan UMKM.

Sunarso menyebut BRI Liga 1 menuai antusiasme yang tinggi  dari seluruh pecinta sepak bola di Indonesia. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung kesuksesan penyelenggaraan BRI Liga 1.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada Bali United FC sebagai juara BRI Liga 1 musim 2021/2022 dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi 18 klub yang telah berkompetisi dalam 306 pertandingan yakni 713 pemain terdiri dari 615  pemain lokal dan 98 pemain asing, serta 129 perangkat pertandingan terdiri dari 38 wasit, 47 asisten wasit, dan 44 match commissioner.

Baca juga : Stok Berlebih, Sejak 2019 Indonesia Tak Impor Beras Umum

Menpora Zainudin Amali menuturkan BRI Liga 1 dimulai dengan tantangan  “Kita memulai kompetisi dan bahkan waktu awal musim luar biasa tantangannya. Ini satu hal yang tidak mudah, bahkan kita tidak membayangkan, kompetisi BRI Liga 1 ini sampai di akhir. Itulah (alasannya) kenapa kalau ditanya saya yang paling bahagia, paling senang,” katanya.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan juga menyampaikan dukungan yang besar dari pemerintah yakni Presiden Joko Widodo dan Menpora ini berdampak positif pada bergulirnya kompetisi BRI Liga 1  sampai selesai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.