Dark/Light Mode

Cetak Sejarah Di MotoGP Argentina, Espargaro: Ini Mimpi

Senin, 4 April 2022 06:12 WIB
Pembalap Aleix Espargaro. (Foto : motosport)
Pembalap Aleix Espargaro. (Foto : motosport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembalap Aleix Espargaro mencetak sejarah bagi tim  Aprilia Racing di ajang MotoGP.  Dia tampil memukau Argentina memberi kemenangan pertama Aprilia di kelas MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Aleix ngacir tercepat usai merebut pole position pertama untuk Aprilia sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002.

Ini juga kali ketiga kalinya bagi pabrikan asal Noale itu secara keseluruhan dalam kelas premier, bersama Tetsuya Harada di Italia pada 1999 dan Jeremy McWilliams di Australia pada 2000.

Baca juga : MotoGP Argentina, Nakagami Bisa Ikut Balapan Nih

Aprilia juga menjadi pabrikan ketiga yang merasakan pole di Termas setelah Honda (5) dan Ducati (1).

Itu kali ketiga Espargaro start terdepan dalam MotoGP. Dua pole position lainnya dia raih di Assen/2004 saat membalap untuk Yamaha dan Catalunya/2015 bersama Suzuki. Oleh karena itu, dia menjadi pebalap pertama yang meraih pole dengan tiga motor dari pabrikan berbeda MotoGP.

"Sangat senang, cukup lama untuk bisa sampai di sini," kata Espargaro seperti dilansir laman resmi MotoGP. "Ini balapan yang spesial karena ini start GP ke-200 saya dalam kelas premier."

Baca juga : Selama Gelaran MotoGP Di Mandalika, Bandara Lombok Layani 71.800 Penumpang

Pebalap berusia 32 tahun yang mendominasi sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu itu mengatakan tekanan di balapan kali ini berlipat ganda karena orang-orang yakin dia akan mampu melewatinya dengan mudah.

Tapi, "Ini bukan balapan yang mudah, saya sama sekali tidak punya grip di balapan, saya tak tahu apakah karena suhu dari trek atau apa, tapi saya tidak bisa mengeluarkan kecepatan saya, saya tidak bisa membalap seperti yang saya inginkan," kata dia.

"Pada akhirnya dalam empat lap terakhir saya sangat kuat dan saya senang sekali. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Aprilia, Noale, semua keluarga Aprilia karena saya rasa kami sangat layak mendapatkan ini dan hal paling spesial adalah kami memimpin kejuaraan, jadi ini mimpi."

Baca juga : Kelar Karantina, Garuda Muda Fokus Jalani TC

Hasil itu sekaligus membawa Espargaro menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 45 poin, tujuh poin di depan pebalap KTM Brad Binder yang finis keenam hari itu.

Para pebalap akan melanjutkan pertarungan mereka di benua Amerika saat MotoGP menyambangi Circuit of the Americas di Austin, Texas, AS, pekan depan. [IPL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.