Dark/Light Mode

Sukses Besar, Karate Lampaui Target Emas SEA Games

Sabtu, 21 Mei 2022 15:35 WIB
Dari kiri: Kabid Binpres FORKI Djafar Djantang, Sekjen FORKI Raja Sapta Ervian, dan Manajer Tim Karate Yusran. (Foto: FORKI)
Dari kiri: Kabid Binpres FORKI Djafar Djantang, Sekjen FORKI Raja Sapta Ervian, dan Manajer Tim Karate Yusran. (Foto: FORKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karate Indonesia menunjukkan kualitas mumpuni di SEA Games Vietnam. Mereka membawa pulang 4 medali emas, 8 perak, dan 2 perunggu.

Raihan tersebut melampaui target Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) yang mengusung 3 medali emas di pesta olahraga dua tahunan terakbar kawasan Asia Tenggara tersebut. Lebih membanggakan lagi, semua nomor yang diikuti pulang dengan kalung medali.

Baca juga : PB ISSI Bakal Gelar Parade Kemenangan Bareng Atlet Sepeda SEA Games

Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian bersyukur dan bangga atas torehan prestasi karateka-karateka nasional di SEA Games 2021. Ia bersyukur, karena mereka mampu melebihi target medali emas dan menjawab tantangan target yang diberikan Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Performa anak-anak superior. Mereka melebihi target. Sebenarnya Indonesia bisa dapat lebih (medali emas), namun banyak faktor yang tak bisa dijelaskan di sini dapat memengaruhinya,” kata Raja Sapta Ervian.

Baca juga : Sabet Juara Umum, Tim Panahan Indonesia Lampaui Target

“Tapi, Alhamdullilah kami melebihi dari target. Artinya, dari 15 nomor yang dipertandingkan, kami berhasil menjadi 12 finalis. Intinya semua (atlet) mendapatkan medali,” tambahnya.

Emas terakhir dari cabang olahraga karate dipersembahkan trio kata putra Albiadi/Andy Tomy Aditya Mardana/Andi Dasril Dwi Dharmawan, Jumat (20/5). Mereka tampil memukau menampilkan gerakan kata dan bunkai di hadapan tujuh juri selama kurang lebih lima menit. Hasilnya, Indonesia di urutan teratas dengan total 25,08 poin.

Baca juga : Mantap, Banyak Atlet Muda Raih Emas Di SEA Games

Keping emas tersebut menyempurnakan Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari nomor individu kata putra. Tren positif emas Ahmad Zigi diikuti  Ari Saputra melalui nomor kumite 60 kilogram putra, serta Cok Istri Agung S yang mendapat medali emas melalui nomor kumite 55 kilogram putri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.