Dark/Light Mode

Sukses Besar, Karate Lampaui Target Emas SEA Games

Sabtu, 21 Mei 2022 15:35 WIB
Dari kiri: Kabid Binpres FORKI Djafar Djantang, Sekjen FORKI Raja Sapta Ervian, dan Manajer Tim Karate Yusran. (Foto: FORKI)
Dari kiri: Kabid Binpres FORKI Djafar Djantang, Sekjen FORKI Raja Sapta Ervian, dan Manajer Tim Karate Yusran. (Foto: FORKI)

 Sebelumnya 
Raja Sapta Ervian mengatakan, pencapaian bagus ini merupakan buah proses pembinaan dan program yang baik dari PB FORKI. Hal tersebut akan dilanjutkan karena PB FORKI menyasar panggung yang lebih besar, tingkat kontinental Asia hingga Dunia.

“Dalam waktu dekat, anak-anak akan mengikuti Kejuaraan Asia pada akhir tahun ini. Jadi, levelnya setingkat Asian Games,” terang Raja Sapta Ervian.

Baca juga : PB ISSI Bakal Gelar Parade Kemenangan Bareng Atlet Sepeda SEA Games

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB FORKI Djafar Djantang menjelaskan secara detail proses pembinaan yang telah dilakukan karate. Sejak awal 2021, PB FORKI mulai menerapkan program intensif yang melibatkan tenaga ahli di bidang streng and conditioning, recovery, serta program tryout dan sparing. “Ini pembinaan by design karena prestasi Pembinaan yang kami lakukan mengacu kepada kalender internasional, baik single ataupun multi-event internasional,” kata Djafar. 

Khusus tahun ini, dikatakan Djafar, PB FORKI melakukan tryout di Kejuaraan Karate SEAKF ke-9 di Kamboja, Maret lalu. Hasilnya, mereka sukses membawa pulang lima medali emas.

Baca juga : Sabet Juara Umum, Tim Panahan Indonesia Lampaui Target

Sepulang dari Kamboja, PB FORKI juga mendatangkan sparing patner dari Australia dan peraih perunggu Olimpiade 2020 Tokyo asal Kazakhstan, yaitu Darkhan Assadilov serta Sofya Berultseva. Tak tanggung-tanggung, PB FORKI juga mendatangkan pelatih berpaspor Prancis Tareq Abdesselem. 

“Ini membawa perubahan signifikan bagi atlet-atlet kita, baik secara teknik dan mental bertanding hingga akhirnya kita bisa lihat bersama prestasi atlet-atlet kita di SEA Games bisa melebihi target yang ditetapkan,” ujar Djafar.

Baca juga : Mantap, Banyak Atlet Muda Raih Emas Di SEA Games

Manajer Tim Karate Indonesia Yusran Arief menjelaskan tantangan terbesar karate di SEA Games adalah lokasi pertandingan yang jauh. Karate dipertandingkan di Provinsi Ninh Binh yang berjarak 2 jam dari kota Hanoi.

“Anak-anak memiliki semangat juang yang tinggi dari sebelum berangkat ke Jakarta. Jadi, meskipun lokasi kita jauh dari mana pun, prinsipnya mereka telah membuktikan dan sumpah karate yang diucapkan setiap kali berlatih karena itu adalah kunci dasar dari pembinaan karate,” kata Yusran.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.