Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KOI: Prestasi SEA Games Vietnam Awal Positif Menuju Olimpiade Paris

Senin, 13 Juni 2022 20:13 WIB
Para atlet mendapatkan bonus dari pemerintah. (Foto : Ist)
Para atlet mendapatkan bonus dari pemerintah. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prestasi Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam diharapkan dapat menjadi awal positif bagi kebangkitan olahraga Merah Putih.

Peningkatan ini diinginkan berlanjut di multi event olahraga selanjutnya, baik tingkat regional, Asia, hingga dunia yakni Olimpiade.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersyukur karena kontingen yang dibawanya dapat memenuhi harapan Presiden RI Joko Widodo.

Lelaki yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berharap prestasi ini dapat berlanjut. 

Baca juga : Apresiasi Prestasi Atlet Di SEA Games Vietnam, Jokowi Berikan Bonus

“Sejak awal keberangkatan, kami tidak diberikan target tertentu. Namun berdasarkan hitungan dan analisa kami memang Tim Indonesia ini bisa masuk tiga besar dan Alhamdulillah prestasi itu dapat kami raih,” kata Ferry usai mendampingi atlet-atlet Tim Indonesia yang diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/06).

“Semoga capaian ini bisa menjadi penyemangat Tim Indonesia ke depan karena mekanisme baru pengiriman atlet membuktikan bahwa pembinaan prestasi olahraga kita telah berada di jalur tepat.”

Tim Indonesia mengakhiri perjalanan di SEA Games Vietnam dengan berada di urutan ketiga dengan koleksi 69 medali emas, 92 perak, serta 80 perunggu.

Atas prestasi tersebut, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan atas prestasi Tim Indonesia di SEA Games yang mampu memperbaiki peringkat pada empat edisi SEA Games terakhir. 

Baca juga : Wakil DG Esports Games Telkomsel Sukses Rebut Medali Perak

Presiden juga memberi apresiasi bonus dengan nilai total Rp 130,5 miliar untuk atlet dan total Rp 32 miliar untuk pelatih serta asisten pelatih (detail rincian penghargaan lihat detail data). Dalam acara pemberian bonus simbolis ini, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menko-PMK Muhadjir Effendy.

Turut hadir juga Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari serta Ketua Federasi Olahraga Nasional, di antaranya Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono (PB PODSI),  Kapolri RI Listyo Sigit Prabowo (PB ISSI), dan Pangkostrad Maruli Simanjuntak (PB PJSI), Joni Supriyanto (PB Perbakin), Komisi X DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal (PB Perpani), serta Murdaya Widyawimarta Po (PB PGI).

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengapresiasi bonus yang diberikan pemerintah kepada atlet berprestasi. Pemberian penghargaan ini juga menambah bukti Presiden RI Joko Widodo concern terhadap prestasi olahraga Indonesia. 

“Presiden tidak pernah menetapkan target, tetapi memberi doa dan harapan. Ini sangat bermakna karena kalau didoakan Presiden, semangat juang anak-anak dua tiga kali lipat bertambah,” kata Okto.

Baca juga : Ketum PP PBVSI Janjikan Bonus Buat Tim Voli

Lebih lanjut, Okto mengatakan perubahan mekanisme pengiriman atlet menuju multi event  sudah berubah karena harus melewati sistem seleksi. Kondisi ini yang perlu dipahami oleh federasi olahraga nasional, mengingat pembiayaan atlet menuju multi event menggunakan dana APBN.

“NOC Indonesia tidak pilih-pilih treatment karena semua cabor perlu mendapat perlakuan sama. Namun, Kami mendorong cabor bahwa modelnya tak seperti dulu lagi. Kompetisi ini harus ada promosi dan degradasi. Siapa pun yang tak maksimal pasti akan didegrasi. Semoga dengan hasil SEA Games ini bisa jadi semangat baru untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia karena PR kita ini menambah jumlah atlet dalam kualifikasi Olimpiade 2024 Paris,” terang Okto. 

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.