Dark/Light Mode

12 Wasit Liga 1 Dijewer PSSI

Jumat, 12 Agustus 2022 15:43 WIB
Duel Liga 1 antara Bali United vs Persija. (Foto : LIB)
Duel Liga 1 antara Bali United vs Persija. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI sigap merespon aduan klub soal keputusan wasit Liga 1 yang dianggap kontroversial. Sebanyak 12 wasit diistirahatkan tidak boleh bertugas karena dianggap membuat kesalahan.

Tidak ada penjelasan siapa wasit-wasit yang dihukum. Namun lewat laman resminya, PSSI merinci ada 5 wasit, 3 asisten wasit, dan 4 Additional Assistant Referee (AAR) atau asisten wasit tambahan yang berada di sisi kiri gawang yang mendapat hukuman selama 2-3 bulan. 

Ini dilakukan sebagai bentuk hukuman sekaligus untuk introspeksi diri agar bisa kompeten saat kembali memimpin kompetisi Liga 1.

Baca juga : Sambut Liga 1, Madura United Seleksi Pemain Inti

“PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin,” kata Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memang meminta Komite Disiplin (Komdis) segera mengusut tiga keputusan kontroversial wasit pada pekan pertama Liga 1 2022/2023.

Empat pertandingan pekan pertama yang berlangsung pada Sabtu (23/7), tiga di antaranya mendapat sorotan karena diwarnai keputusan wasit yang kontroversial. Pihak klub pun telah meminta kepada Iriawan untuk mengusut kejadian tersebut.

Baca juga : Hasil Rakor, Menpora Pastikan Liga 1 Digelar 23 Juli

Peristiwa pertama yang terjadi adalah penalti dalam pertandingan PSIS Semarang melawan Rans Nusantara FC. Wasit memberi PSIS tendangan penalti meski Oktafianus Fernando dianggap melakukan diving saat dilanggar pemain Rans.

Kedua adalah skor mencolok 8-0 dalam pertandingan Madura United kontra Barito Putera. Sejatinya skor berapa saja bisa terjadi dalam kompetisi, tetapi PSSI ingin hal-hal mencolok begini ditelaah dengan baik.

Terakhir pelanggaran handball tak berujung penalti dalam laga Bali United versus Persija. Bek Bali United, I Made Andhika Wijaya tampak jelas melakukan handball di kotak penalti, tetapi wasit menyatakan tidak.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.