Dark/Light Mode

Belitung Triathlon Challenge 2022 Gerakkan Sektor Wisata

Senin, 3 Oktober 2022 13:31 WIB
Belitung Triathlon Challenge 2022. (Foto: Ist)
Belitung Triathlon Challenge 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi pandemi Covid-19 yang makin terkendali jadi momentum bagi Provinsi Bangka Belitung untuk bangkitkan sektor pariwisata. Kabupaten Belitung bersiap menggelar event olah raga bertajuk Belitung Triathlon Challenge 2022.

Kegiatan yang merupakan strategi mendorong industri pariwisata ini rencananya akan dilaksanakan di kawasan wisata, Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung pada 1 Oktober 2022.

Lomba Triathlon tahun ini dirancang oleh Federasi Triathlon Indonesia (FTI) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Ketua Umum PP FTI Mayjen TNI (Purn) Joko Warsito menyambut baik kegiatan sport tourism khas Belitung ini.

Baca juga : Gading Marten Juara Black Stone Live Modz Challange 2022 Perang Bintang

Selain menjadi salah satu event rutin tingkat nasional, Belitung Triathlon Challenge 2022 akan jadi satu tren dalam penggerak sektor pariwisata di Indonesia berkat keindahan alam dan budaya Belitung.

"Lokasinya terbaik dan bagus untuk kegiatan sepeda dan run. Lautnya juga pada bulan tertentu ombaknya lebih tenang, juga tidak begitu dalam serta jauh dari pemukiman,” kata Joko Warsito dalam keterangan persnya, dikutip Senin (3/10).

Joko menilai, lokasi triathlon di Kabupaten Belitung sudah memenuhi syarat. Kondisi jalan aspalnya sudah bagus, air laut jernih serta terdapat beberapa lokasi dengan pemandangan yang indah. "Jadi, pulau ini sangat cocok olahraga renang, bersepeda dan lari," ucapnya.

Baca juga : Gandeng UKM, Uniqlo Daur Ulang Pakaian Bekas

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perilaku wisatawan saat merencanakan perjalanan wisata. Banyak orang yang menunda atau membatalkan perjalanannya sehingga membuat industri pariwisata Indonesia terpuruk.

“Nah, saat ini Indonesia sudah membaik, pariwisata sudah dibuka kembali dengan prokes yang ketat. Jadi, saya sangat optimis, sport tourism di Belitung akan terus terselanggara setiap tahun,” jelas Joko Warsito.

Ketua Pelaksana Belitung Triathlon Challenge 2022, Ir. Amin Nurrachman menyebut, event olahraga ini akan memberikan gairah baru bagi dunia pariwisata dan olahraga.

Baca juga : Ester Raih Gelar Senior Pertama

Khususnya, di Belitung dan umumnya di Indonesia. Menurutnya, pandemi mengajarkan banyak hal untuk menemukan semangat baru.

"Berusaha memulihkan kembali kekuatan keunikan perekonomian masing-masing wilayah yang tersebar di Nusantara," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.